umdah

Ahmad Khatib Langien, Sang Pengarang Kitab Lapan

Umdah.co.id- Ulama pengarang kitab lapan dan pendiri dayah Dawaul Qulub Langien. Ia penganut Thariqat Syattariyah. Tentang kelahirannya t...


Umdah.co.id- Ulama pengarang kitab lapan dan pendiri dayah Dawaul Qulub Langien. Ia penganut Thariqat Syattariyah. Tentang kelahirannya tidak ada informasi yang jelas kapan ia dilahirkan. Tapi dapat di prediksikan dari tahun selesai kitab lapan yang ia karang. Ahmad kahtib di dalam karya ini menyebutkan tahun selesai penulisan karyanya itu  pada tahun 1237 H / 1821 M.

Kalaulah pada tahun  tesebut ia selesaikan karyanya itu berarti ia hidup semasa dengan Syaikh Abdullah Asyi pengarang kitab Syifaul Qulub yang ia selesaikan pada tahun 1225 H / 1810 M.
Periode ini juga semasa dengan Syaikh Muhammad buin Syaikh Abdullah Bai`id pengarang kitab Hukum Jarah yang di selesaikan pada tahub 1236 H/ 1820 M.

Sudah menjadi tradisi, para santri di dayah aceh senantiasa belajar dan memahami kitab lapan yang pengarangnya merupakan salah satu ulama aceh yang banyak mempunyai karamah ini, Salah satu karamahnya yaitu selalu shalat jum`at di Masjidil Haram, padahal sebelum shalat jum`at beliau masih berada di tanah air. Begitulah penuturan salah seorang dari keluarga beliau.  Kemudian kitab lapan yang berhasilakan di karangnya di kumpulkan oleh Syaikh Ismail bin Abdul Mutthalib al-Asyi. Kitab ini di beri nama Jam`ul Jawami` al-Musannafat. Dalam kitab juga tercantum kitab Hidayatul Awam karya Syaikh Jalaluddin bin Kamaluddin al-Asyi, Faraid al-Qur`an tanpa nama pengarang, Kasyiful Kiram karya Syaikh Muhammad Zain bin Jalaluddin al-Asyi, kitab Takhsisul Falah karya Muhammad Zain bin Jalaluddin al-Asyi, Syifaul Qulub karya Arif billah Syaikh Abdullah Baid Asyi, dan Mawaizhul Badi`an karya Syaikh Abdurrauf as-Singkily dan yang terakhir I`lamul Muttaqin karya Syaikh Jamaluddin bin Syaikh Abdullah al-Asyi.

Dalam sebuah riwayat di jelaskan bahwa Teungku Ahmad Khatib Langien pernah berguru pada Syaikh Muhammad Ali sebagai penerima Thariqat Syattariyah, dan Teungku Ahmad Khatib Langien merupakan seorang ulama yang mengembangkan Thariqat Syattariyah di kawasan kemukiman Langien tersebut.

Diantara karya lain dari Syaikh Ahmad Khatib Langien yang terkenal adalah Dawaul Qulub, di selesaikan pada tahun jim hari sabtu, bulan rabiul akhir, tahun 1237 H / 1821 M, dan menjadi kitab yang ketujuh dalam kitab Jam`ul Jawami` al-Musannafat atau yang lebih dikenal dengan sebutan kitab lapan di aceh.

Dawaul Qulub, berarti obat hati segala hati dari pada segala aib. umumya penjelasan isi kitab ini hapir sama dengan kitab Hidayatus Salikin karya Syaikh Abdussamad Palembang. Hanya saja dalam Dawaul Qulub tidak di muat tentang ibadah. Seperti beliau tulis, "Dan tiada aku sebutkan segala ibadah yang lain di dalam kitab ini, seperti do`a dan sembahyang tahajjud dan lain dari padanya, akrena yang demikian itu kelakuan orang `abid bukan kelakuan murid, dan beda antara `abid dan murid itu seperti beda antara masyriq dan maghrib. Maka berapa persamaan martabat keduanya, akrena murid itu berkehendak ia akan nikmat Allah ta`ala, dan `abid itu berkehendak ia akan haq Allah ta`ala.

Karya lain dari pada Ahmad Khatib Langien adalah Asraruddun li Ahlil Yaqin yang telah di cetak berkali-kali bersama kitab Miftahul Jannah Karya Syaikh Muhammad Thayib bin Mas`ud al-Banjari, cetakan Matuba`ah al-Miryah Mekkah.

M. Rizki al-Langieni Kelas III R

Related

Ulama 6591557415519309248

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item