umdah

Sosok imam Bukhari

Umdah.co.id- Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim yang lebih dikenal dengan Imam Bukhari adalah seorang ulama yang zuhud yang mem...


Umdah.co.id- Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim yang lebih dikenal dengan Imam Bukhari adalah seorang ulama yang zuhud yang memiliki sifat yang sangat mulia. Beliau adalah ulama yang sangat di kagumi pada masanya. Bukan hanya dari kalangan rakyat jelata, bahkan di kalangan orang-orang terkemukapun beliau sangat di segani.

Memang, menjadi ulama adalah hal yang sangat memberatkan. Banyak sekali cobaan yang harus diterima. Penggunjingan, pencelaan, bahkan pencemaran nama baik sering kali di dapatkannya.Namun , dikarenakan beliau adalah seseorang yang sangat berilmu dan beramal dengan ilmunya itu semua tidak menjadi halangan baginya untuk menyiarkan agama islam agar tetap berjaya di atas bumi ini.

Pernah pada suatu ketika beliau pergi ke baghdad. Tesebar berita di baghdad bahwa Imam bukhari yang di kenal dengan ulama yang hafalan haditsnya begitu kuat akan sampai ke negeri Baghdad. Para ulama yang ada di negeri itu telah mnyiapkan strategi untuk menguji hafalan hadits beliau. 10 orang di tugaskan untuk bertanya kepad aImam Bukhari. Setiap satu orang bertanya 10 hadits.

Di ketika Imam Bukhari telah sampai di tempat tersebut, satu persatu dari mereka bertanya. Imam bukhari menjawab saya tidak tahu, Sampai 100 hadits. Sebagian dari mereka menyangka bahwa Imam Bukahri benar-benar tidak mengetahui hadits hadits yang telah di tanyakan kepada beliau. Namun sebagian mereka yang mengerti kenapa tak satupun hadits yang di jawab oleh beliau karena meman beliau mengerti semua hadits itu saling melihat satu sama lain.

Related

Dunia Islam 8063069042518268082

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item