umdah

Cara Dakwah Rasulullah Dengan Lemah Lembut dan Kasih Sayang

Umdah.co.id - Nabi Muhammad saw merupakan seseorang yang paling mengerti dakwah. Lantas, apakah kita mempunyai izin dakwah? Jawabannya tid...


Umdah.co.id - Nabi Muhammad saw merupakan seseorang yang paling mengerti dakwah. Lantas, apakah kita mempunyai izin dakwah? Jawabannya tidak, melainkan dakwah kita hanya menumpang kepada Rasulullah saw.



Allah ta'ala berfirman kepada Rasulullah saw, "katakanlah! ini adalah jalanku". Yaitu mengajak orang-orang menuju Allah swt. Bukan malah mengajak orang-orang  kepada hawa nafsunya dan tujuan duniawinya.

Seseorang mengatakan "Ajaklah orang-orang kepada Tuhanmu dengan hikmah wal mauidhah hasanah!".

Cacian bukanlah metode dakwahnya Rasulullah saw. Kita perlu mengambil sanad kepada Rasulullah dalam  keilmuan, pemahaman ilmu,dan dalam metode dakwah. Kita harus mengikuti Baginda Rasulullah saw.

Tidak ada yang sia-sia pada kata-kata yang baik, pun demikian tidak ada sebuah kebaikan pada kata-kata yang menyakitkan. Ketika seseorang mengucap kata-kata yang baik, hal itu mengingatkan kepada Rasulullah saw. "Oh, beginikah dulunya Rasulullah". Atau ketika kita memaki,"Oh, jadi Rasululullah tukang caci juga yah?". Begitulah, seseorang akan beranggapan tentang islam, hanya karna siapa yang menyampaikannya. Maka, jadilah seseorang yang menyenandungkan islam secara baik.

Kita diperintahkan untuk menjaga lidah. Janganlah memaki! jangan mencemoh suatu kaum! Jangan menganggap berbeda antara seseorang. Jangan pula mencelanya karna perbedaan tersebut. 

Karna ada kesalahan yang tidak seharusnya dihadapi secara keras, selagi solusi yang lembut masih bisa dilakukan. 

Apa yang dilakukan oleh para pendosa, penista, penjahat, memanglah kejahatan, tentu benar sebuah dosa. Namun, ketika kita memaki dan mencaci, maka hal tersebut merupakan sebuah dosa. Ketika berghibah dan mendhalimi, hal tersebut juga sebuah dosa.

Related

tafakkur 4508900791364523973

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item