umdah

Menjaga Pendengaran

Wahai hamba Allah,mestilah kita menjaga salah satu anggota kita yang ini yaitu telinga,kerana telinga juga sangat berpengaruh timbul b...


Hasil gambar untuk jamaah ceramah

Wahai hamba Allah,mestilah kita menjaga salah satu anggota kita yang ini yaitu telinga,kerana telinga juga sangat berpengaruh timbul baik dan buruknya dalam berbagai hal bagi kita.
Ada dua faktor kenapa telinga mesti dijaga

1.Kerana pendengar akan bersyarikat dengan pembicara di sisi dosa

2.Menggerakkan goresan-goresan dan kekhawatiran di dalam hati yang akan membuat badan kita tidak nyaman dalam beribadah sehigga tidak mendapat kelezatan dalam ibadah.

Kita harus mengetahi juga bahwa setiap perkatan yang masuk kedalam hati dan pendengaran manusia tak ubahnya makanan yang masuk kedalam mulut,ada yang berbahaya,bermanfaat,ada yang berbentuk makanan pokok juga tak luput terkadang racun semata.

Tetapi abadinya sebuah perkataan lebih unggul dari pada makanan.kerana makanan akan hilang dari pencernaan adakala dengan tidur dan obat yang menghilangkan bekasan makan dari tubuh manusia.

Tapi bila perkataan, akan terus melekat dalam sanubari seseorang dalam jangka waktu lama bahkan seumur hidupnya akan terus diingat dan tak bisa dilupakan.jika perkadaan tadi bersifat keji maka akan menimbulkan hal-hal negatif negati lain nya yang tentunya efek negatif itu tidak baik bagi kita.

Oleh karena itu kita harus terus berusaha menjaga telinga dan meminta pertolongan Allah dari mendengarkan hal-hal yang tak bernilai dalam agama.

Related

tashauf 4429312424514693254

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

item