umdah

Dimanakah Ghazali ??

Umdah.co.id Imam Abu Fath as Sawi manceritakan "Aku masuk Masjidil Haram tiba tiba kantuk menyerangku, lalu dalam tidur kulihat h...



Umdah.co.id Imam Abu Fath as Sawi manceritakan "Aku masuk Masjidil Haram tiba tiba kantuk menyerangku, lalu dalam tidur kulihat halaman luas  yang dipenuhi oleh manusia. Masing masing mereka memegang kitab yang berjilid dan mengelilingi seseorang. Aku bertanya kepada mereka tentang apa yang mereka lakukan, dan siapa yang ada ditengah mereka ? mereka menjawab beliau adalah Rasulullah saw, adapun yang mengelili adalah para penganut mazhab dan ingin membaca mazhab dan akidah yang tertulis, lalu mengoreksinya kepada Rasulullah.

Setelah itu datang seoraang laki laki yang konon katanya adalah Abu Hanifah RA. Dia memebawa sebuah kitab, mengucapkan salam dan disampingnya adalah Imam Syafii., alau membaca tentang mazhab dan akidah. Kemudian datang pengkut mazhab dan tidak tersisia kecuali sedikit saja. Setiap yang telah membaca dia duduk disisi orang lain.

Ketika semua telah selesai datanglah seseoarang ahli bid'ah sambil membawa kitab mereka yang bathil. Dia berencana masuk dalam halaqah dan mambaca kitabnya kepada Rasulullah. Kemudian seorang jamaah yang duduk dalam halaqah keluar dan mengusirnya.

Abul Fath melanjutkan, Ketika semua orang telah selesai aku maju dan membawa kitabku yang berjilid jilid, lalu aku berkata "wahai kekasih Allah sungguh ini adalah kitabku dan kitab ahlusunnah. Apakah engkau mengizinkan aku untuk membacanya ?

Rasulullah bertanya "Kitab apakah itu" ? Aku menjawab kitab Qawaid al Aqaid yang ditulis oleh Imam Ghazali.
Rasulullah memberi izin lalu aku duduk dan memabacanya.

Bismillahirahmanirrahim kitab Qawaid Al Aqaid terdiri dari empat bab, sampai pada ungkapan Al Ghazali yang berbunyi. " makna kata kedua adalah menyaksikan kenabian Muhammad SAW adalah percaya bahwa Allah SWT telah mengutus seorang Nabi yang Ummi berbangsa Quraisy, yaitu Muhammad yang membawa risalah kepada seluruh bangsa Arab dan A'jam (non arab), jin dan manusia.

Abul Fath melanjutkan. " ketika sampai pada bab diatas aku aku melihat keceriaan dan senyuman dimata Rasulullah kerena yang aku baca adalah tentang rupa dan sifat sifat SAW. Maka beliau menoleh kepadaku seraya berkata "Dimanakah Ghazali ?? tiba tida aku melihat seolah olah Imam Ghazali berdiri memimpin halaqah yang ada didepannya. lalu dia berkata "Saya disini Wahai Rasulullah. Imam Ghazali maju dan mengucapkan salam kepada Rasulullah SAW. Beliau menjawab salam itu, seraya menjulurkan tangan yang mulia. sementara itu Imam Ghszali meraih tangan itu menciumnya dengan kedua pipinya. Demikian itu tidak lain untuk memperoleh berkah dari Rasul SAW. setelah itu Imam ghazali kembali duduk.

Abul fath mengatakan . " Aku tak melihat Rasulullah SAW lebih senang terhadap bacaan siapapun dibandingkan bacaanku atas kitab Qawaid al Aqaid.
tak lama kemudian aku terbangun dan kedua mataku masih tersisa air mata yang mengalir oleh apa yang kulihat dalam tidur.

Ref : Tabyin Kidzb al Muftari jld 1 hlm 245

Related

tafakkur 3868993842819166439

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item