umdah

Tidur tapi Menghidupkan Sunnah.

Umdah.co.id   Pada dasarnya posisi tidur tidak dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun bagaimana sebenarnya posisi tidur yang ideal m...


Umdah.co.id  Pada dasarnya posisi tidur tidak dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun bagaimana sebenarnya posisi tidur yang ideal menujut tinjauan kesehatan dan syara' ??

1. Tidur dengan posisi perut dibawah (tengkurap)
Dr Zhafir Al 'Atthar menjelaskan tidur dengan posisi ini dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan sesak nafas, karena berat badan beban punggung bisa membat dada menjadi menghambad dada untuk melebardan menyempit, selain itu tidur dengan posisi ini membuat tulang belakang menjadi bengkok.

Berdasarkan penelitian di Australia rasio kematian bayi yang tidur tengkurap lebih banyak tiga kali lipat dibanding yang meniggal denagn posisi kearah kanan atau kiri.

yang menakjubkan sebelum penelitian kesehatan dilkukan Nabi SAW prnah bersabda terkait hal ini.

راى رسول الله صلى الله عليه و سلم رجلا مضطجعا على بطنه فقال ان هذاه ضجعة لا يحبها الله
Rasulullah melihat seorang laki laki yang tengkurap. beliau bersabda "sesungguhnya tidur tengkurap merupakan posisi tidur yang tidak disukai Allah. (HR Ahmad dan Tirmidzi)

2. Tidur dengan posisi terlentang.

Seorang yang tidur terlentang membuatnya bernafas dengan mulut. 
karena saat itu besar kemungkinan mulut seseorang terbuka sebab menurunya tulang rahang bawah. 

Padahal hidung adalah oragan yang paing ideal untuk bernafas dan dia juga memfilter udara yang kotor dengan bulu bulu silia yang terdapat dilubang hidung. 
Tidur dengan posis ini juga mengundang infulenza disamping bengkak radang pada gusi dan juga membuat pelakunya tidur denagn mendengkur.


3 Tidur dengan posisi miring disisi kiri.

Tidur semacam ini dilarang oleh Rasulullah SAW karena jantung akan bertindih oleh paru paru bagian kanan yang ukuranya lebih besar dari paru sebelah kiri. denagn kondisi ini dipastikan kinerja jantung tidak stabil. 
Tidak hanya itu, hati yang merupakan organ terbesar dalam perut akan berda dalam keadaan menggantung sehingga meekan jantung dan lambung yang kemudian berdampak lamanya proses pencernaan makanan.

4. Miring diatas sisi kanan merupakan posisi tidur terbaik.

Dalam Hadist Nabi SAW bersabda
اذا اتيت مضجعك فتوضا وضوءك الصلاة ثم ضطجع على شقك اليمن
Jika kalian akan tidur berwudhulah seperti akan shalat, kemudian berbaringlah miring diatas sisi sebelah kanan (HR Bukhari, Nasi' dan Abu daud).

Raru paru kiri lebih kecil dari pada paru paru kanan dan paru paru kakan sehingga ketika paru kiri menindih jantung tidak dapat beban berat yang mengganggu kinerja jantung. hati (livers) alan kerja dengan rilkes sebab dia tidak menggantung. 

Tidur dengan posis ini adalah yang terbaik karena seluruh oran bisa bekerja maksimal walaupun dalam tidur.Maka baiknya kita selalu dalam mnegikuti sunnah dalam hal hal yang sepele dalam keseharian. karena mengikuti sunnah SAW dengan niat yang ikhlas maka ini adalah langkah yang baik dalam beragama.
 Wallahu'alam.

Related

tashauf 2132285027936590833

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item