umdah

Peran Sunnah Terhadap Tasyri` Islami

Umdah.co.id- Hadits Nabawi memiliki hubungan yang sangat erat dan relevan dengan al quran. Hadits memiliki peran penting dalam penafsiran...

Peran Sunnah Terhadap Tasyri` Islam

Umdah.co.id- Hadits Nabawi memiliki hubungan yang sangat erat dan relevan dengan al quran. Hadits memiliki peran penting dalam penafsiran al quran menyingkap tabir dari rahasia-rahasia yang terselubungi di dalam al quran, serta mengurai dan memperjelas maksud Allah swt di dalam al quran, baik berupa perintah, larangan, serta hukum-hukum lainnya.

Saat kita telusuri sunnah/hadits dari sudut pandang yang mengindikasi terhadap hukum-hukum yang di kandung al quran, baik secara global atau terperinci, maka kita peroleh bahwa sanya sunnah memiliki empat fungsi ;

1. Kandungan dari sunnah sendiri selaras dengan yang ada dalam al quran, maka dalam hal ini sunnah berperan sebagai pentaukid (penguat) terhadap al quran. Seperti hadits-hadits yagn menunjuki kepada wajibnya shalat, zakat, haji, berbuat kebaikan, dan sebagainya.

2. Sunnah berperan sebagai penjelas (bayan) dari maksud tekstual al quran. Posisi sunnah sebagai penjelas tersebut ada beberapa macam :

  • Merincikan hal-hal yang masih global dari al quran. Semisal seluruh hadits yang berkaitan dengan ibadah dan hukum yang berupa tata cara pelaksanaan, syarat, waktu, serta kondisinya, karena al quran tidak menjelaskan sampai jumlah waktu dan rukun shalat (misalnya), maka sunnahlah yang akan menjelaskannya.
  • Menggaibkan kata-kata mutlak di dalam al quran, seperti hadits yang menyatakan maksud dari kata "يد" (tangan) dalam surah Al Maidah ayat 38 yang maksudnya adalah tangan kanan dan di potong di pergelangan tangan bukan di siku.
  • Mentakhsis kata-kata yang `am dari al quran, seperti hadits yang memperjelas maksud yang samar dari kata  "ظلم" (kezaliman) dalam surat Al An`am ayat 82, dengan maksud ظلم  bermakna syirik.
  • Mentaudhih kata-kata yang musykil (samar) dari redaksi al quran seperti hadits yang memperjelas maksud yang samar dari kata "خيطين" (2 benang hitam dan putih) dalam surah Al Baqarah ayat 187, maka Nabi mengatakan maksudnya adalah hitam malam dan putih siang.

3. Sunnah membicarakan suatu hukum yang tidak  di sebut dalam al quran. Contoh hadits untuk fungsi ini sangat banyak seperti hadits yang mengharamkan menghimpun seorang perempuan dengan saudari dari ayah atau ibunya yaitu bibi, dan sebagainya.

4. Sunnah berfungsi menghapuskan (nasakh) ketetapan hukum yang telah sebut dalam al quran. Bagian ini berlandaskan pada pandangan sebagian ulama yang membolehkan nasakh kitab dengan sunnah

Referensi : Kitab Manhalul Lathif halaman 13-15

Al Murtaza Ridwan
Kelas 3H

Related

Telaah 5717483109113496098

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item