umdah

Tanda tanda Waliyullah.

Pada dasarnya status kewalian seseorang hanya diketahui oleh Allah SWT dan para wali itu sendiri. Dalam hal ini ada sebuah kata hikmah...



Pada dasarnya status kewalian seseorang hanya diketahui oleh Allah SWT dan para wali itu sendiri. Dalam hal ini ada sebuah kata hikmah yang masyhur dikalangan tashawuf yaitu Laa ya'rifu wali illal Wali. (tidak akan tahu kepada kewalian kecuali wali itu sendiri).

Namun, ada beberapa tanda tanda yang lahir yang dapat dijadikan pedoman untuk mengukur kedekatan seseorang kepada Allah, sehingga mengantarkan kepada pangkat waliyyullah. Al Imam Al Hafizd Abu Nu'aim al Asbihani didalam kitabnya yang monumental Hilyatul Aulia wa Tabaqatul Asfiya' menyebutkan beberapa tanda kewalian seseorang.

1.       Punya Kharisma dan dipatuhi Masyrakat.
Ketahuilah bahwa para Wali itu mempunyai sifat yang tampak dan tanda tanda yang terang. para wali Allah akan dipatuhi masyarakat yang berakal dan orang orang Shalih. di akhirat nanti derajat mereka akan dikagumi oleh para syuhada dan para Nabi.

hal ini berdasarkan hadist dari Umar bin Khatab bahwa Nabi SAW bersabda :
Sesungguhnya diantara manusia ada yang bukan nabi dan syuhada. derajat mereka menjadi perhatianpara nabi dan syuhada. seseorang lelaki bertanya : siapa mereka ya Rasulullah ?? dan apa amal mereka ? barang kali kami bisa mencintai mereka. Rasul menjawab mereka adalah satu kaum yang saling mencintai karena Allah, tanpa ada hubungan darah diantara mereka. demi Allah wajah mereka bagaikan cahaya. mereka akan berada diantas mimbar dari cahaya. mereka tidak meras takut saat manusia ketakutan dan tidak meras sedih saat manusi bersedih. kemudian Rasul membaca QS Yunus ayat 62. Ingatlah sesungguhnya wali Allah itu tidak merasa takut dan tidak pula berduka cita.


2.       Menjadi sumber Inspirasi perbuatan baik.                                                                                                           Al Imam Al Hafizd Abu Nu'aim al Asbihani berkata :
Diantara sifat para wali adalah mereka dapat membawa manusia untuk berzikir kepada Allah secara sempurna dan mempengaruhi mereka untuk berbuat kebaikan.
Berdasarkan hadist nabi SAW :dari Abu Said al Khudri. Nabi pernah ditanya siapa wali Allah ??  beliau menjawab mereka adalah yang bila dilihat maka akan mengingatkan kepada Allah

3.       Tidak Melakukan Perbuatan tercela dan dosa.
Diantara sifat wali adalah mereka orang orang yang selamat dari fitnah dan terjada dari ujian (dosa dan kesalahan). Hal ini berdasrkan hadist nabi SAW : Dari Ibnu Umar bahwa rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya Allah memiliki kekasih diantara hamba hambanya. mereka selalau diberi rahmatNya dan hidup dalam perlindunganNya. Apaila mereka wafat mereka mereka memperoleh surga. mereka adalah orang yang selamat ketika berbagai fitnah mendera orang banyak.

4.       Tidak meterialisme.
Al Imam Al Hafizd Abu Nu'aim al Asbihani berkata : diantara sifat waliyullah adalah mereka yang makanan dan pakainanya sangat sederhana, tetapi doa mereka diterima ketika menghadapi musibah dan kesulitan.
Dari Abu hurairah Rasulullah berkata Terkadang orang yang rambut dan pakaian lusuh serta dilecehkan oleh orang banyak namu bila berdoa kepda Allah pasti dikabulkan.

Demikian adalah tanda waliyullah didalam Kitab Hilyatul Aulia wa Tabaqatul Asfiya'[1]
sementara itu dalam referensi yang berbeda al Imam Abul Qasim al Qusyairi menyebutkan ciri wali sebagai berikut :

Ada tiga tanda Wali. yaitu aktivitas mereka hanya untuk allah, segala urusannya dikembalikan pada Allah dan cita citanya (semangat juang) hanya untuk Allah semata [2]

dari uraian ini jelas bahwa menilai seorang wali bukan dari isu isu dan rumor, akan tetapi ada tanda tanda yang dapat diterapkan secara Ilmiah.



[1] Hilyatul Aulia wa Tabaqatul Asfiya' cet Dar Fikr Beirut juz 1 hlm 5-7
[2] Risalah Qusayriah. Kairo darul Maarif 1995 juz 2 hlm 419

Related

Ngaji 746585949831197684

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item