umdah

Perjalanan Yang Terlupakan

Umdah.co.id- Bumi tidak selalu terang dan pula tidak selalu gelap. Antara gelap dan terang, manusia dapat menghitung panjang waktu dan la...

Perjalanan Yang Terlupakan

Umdah.co.id- Bumi tidak selalu terang dan pula tidak selalu gelap. Antara gelap dan terang, manusia dapat menghitung panjang waktu dan lama peristiwa yang berlaku bagi setiap manusia, semua itu di ambil manfaat dan faedahnya dalam menjalani hidup sepanjang usianya.

Masa dan pertistiwa selalu di lupakan orang, karena  kesibukannya merebut hidup dan memenuhi tuntutan hati yang tidak kunjung puas, sehingga mereka lupa akan masa-masa yang di laluinya dan tidak ingat pada usianya yang di telan oleh masa.

Tidak ada peristiwa dalam satu masa akan kekal, ia kan akan terus berubah dan terus berubah menurut peredaran dan giliran yang telah dia atur Allah. Seperti masa kanak-kanak masa remaja, masa dewasa, dan masa tua. Dan setip masa yang di lalui akan di penuhi oleh peristiwa seperti sakit, sehat, suka, duka, dan sebagainya.

Jika manusia itu mau berpikir, mereka tidak akan terperosok dalam penyesalan yang tiada guna. Sewaktu kaya mereka mengingat bahwa kekayaan tidak akan kekal, sehingga merak emmanfaatkan kekayaan mereka pada tempat yang baik. Di akla sehat, mereka menggunakan kesehatan mereka untuk beribadah kepada Allah, sehingga bila tiba sakit mengunjunginya ia tidak akan kecewa.

Bagi manusia yang tidak ingin melihat kenyataan ini, maka hidupnya akan selalu lupa dan dirundung kecewa. Di waktu gembira lupa akan derita, yang akan menjadikan hidupnya resah. Oran-orang seperti ini termasuk golongan yang merugi.

Proses kehidupan mansuia yang telah di tentukan Allah, bahwa setiap manusia dilahirkan sebagai bayi, kemudian menjadi dewasa, selanjutnya menempuh masa tua, sungguh banyak manusia yang tidak mengindahkannya, mereka tidak mau tau kenyataan ini, sehingga mereka memboroskan usia muda mereka dengan melakukan perbauatan yang tidak berguna.

Keadaan ini terjadi karena tidak adanya ajaran agama yang datang pada diri merek atau karena hatinya memang telah tertutup.
Ada pepatah mengatakan : "Hari ini pemuda, dan esok akan menjadi tua"
AHli hikmah mengatakan, "Wahai pemuda, tidakkah kamu ingat bahwa matamu akan jadi kabur, kulitmu akan keriput, kakimu akan goyah ketika melangkah, usia mu yang muda akan cepat berlalu."
Wahai pemuda, isilah masa indah ini dengan kenangan indah, isilah usia muda dengan usaha yang berguna bagi dirimu dan bangsamu.

Pada hakikatnya, semua itu telah disadari akan kenyataannya yang terpampang di depan mata. Namun karena tergiur akan keindahan duniawi dan tergoda oleh nafsu, shingga tidak mampu membuktikan kenyataan tersebut dengan keadaan sebenarnya.

Jelasa tampak ketika usia muda di boroskan untuk memuaskan hawa nafsunya, maka hari tuanya menjadi hampa dan akan lebih kecewa lagi ketika berhadapan dengan tuhan khaliqul alam. Tiada daya dan jasa yang akan di kemukakan untuk meolong diriinya di hari pembalasan.

Namun demikian, selagi masih ada iman dalam hatinya, dan mau sejenak untuk berpikir, insya Allah akan terbuka hatinya sebelum terlambat. Tuhan akan menuntun dan menolong kepada setiap hamba-Nya yang di kehendaki-Nya. Utuk lebih memudahkan dalam memikirkan perjalanan hidup, coba kita renungkan sejenak bagai seorang musafir yang berjalan menyusuri jalan yang jauh, akhirnya sampai pada tujuan akhir. Begitu juga usia kita ini, akhirnya akan habis di telan masa. Inilah gambaran yang sangat sederhana,mudah di pahami.

Setiap insan hendaknya dengan sepenuh hati menghayatinya. Jika di biarkan hati mengikuti arus dunia, dunia akan selalu menipu manusia, maka segalanya akan habis begitu saja dan kembali kepada jalan yang tak kunjung pangkal.

Penat kaki, habis usia mudanya dengan sia-sia dan kecewa mengakhiri hayatnya, masa lampau tidak akan kembali walau sesaat, hanya kenangan yang tiada membawa faedah datang menembus kekecewaan dan penyesalan.

Ruslan El-Farishy
Santriwan Kelas 6 LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Related

Tafakur 213068950674655393

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item