umdah

Kabar Gembira Untuk Ahlusunnah dan Kata Siapa Ahlusunnah Salah?

Umdah.co.id-  قال رسول الله : لتفتحنّ القسطنطنيّة فلنعم الامير اميرها ولنعم الجيش ذلك الخير (رواه احمد في مسنده) Rasulullah bersabda ...


Umdah.co.id- قال رسول الله : لتفتحنّ القسطنطنيّة فلنعم الامير اميرها ولنعم الجيش ذلك الخير (رواه احمد في مسنده)
Rasulullah bersabda : Konstantinopel (Instanbul ibu kota Turki) pasti akan di kuasai. Maka pimpinan yang paling baik adalah yang menguasai Istanbul, dan tentaranya adalah yang paling baik. (H.R Ahmad).

Dalam hadits ini Rasulullah saw memuji orang yang membebaskan konstantinopel.
dan yang membebaskannya adalha sang panglima perang, Sultan Muhammad Al Faith. Rasulullah memuji beliau pasti karena beliau adalah seorang sultan yang shalih. aqidahnya sesuai dengan aqidah rasulullah. Seandainya aqidahnya tidak sama dengan aqidah rasulullah, rasulullah sudah pasti tidak akan memujinya.

Sudah banyak yang mengetahui dan telah tercatat dalam sejarah bahwa Sultan Muhammad Al Faith adalah seorang muslim dan aswaja tolen, meyakini bahwa Allah ada tanpa tempat. Dengan demikian hadits ini merupakan kabar gembira bagi seluruh pengikut Ahlussunnah wal jama`ah.

Aqidah Al Asy`ariyah dan Al Maturidiyah adalah aqidah kaum muslimin dari kalangan salaf dan khalaf, aqidah para khalifah dan para sultan, seperti Sultan Salahuddin Al Ayyubi.

Sultan Salahuddin Al Ayyubi ialah seorang alim, pengikut aqidah ahlussunnah wal jama`ah serta bermazahab syafi`i dan penghafal  Al quran, kitab at tanbih yang membahas fiqh syafi`i, dan yang selalu menghadiri majlis ulama hadits. Beliau memerintahkan agar di kumandangkan aqidah sunni Asy`ariyah dari atas menara mesjid sebelum shalat subuh di Mesir, Al Hijaz (Mekkah dan Madinah) dan seluruh negara syam (Syiria, Yordania, Palestina, dan Lebanon).

Kemudian Al Imam Muhammad Ibnu Hibatillah Al Barmaki mengarang sebuah risalah dalam bentuk nazam yang berkaitan dengan ahlussunnah untuk Sultan Salahuddin Al Ayyubi, dan rupanya Sultan Salahuddin Al Ayyubi sangat senang dan tertarik dengan karangan al Barmaki, bahkan akhirnya Sultan Salahuddin Al Ayyubi memerintahkan agar  aqidah ini di ajarkan dan disebarkan kepada seluruh ummat islam, baik kepada kalangan anak kecil. remaja, hingga orang deawasa. Sehinnga risalah tersebut terkenal dengan nama  Al Aqidah Salafiyyah. Risalah ini adalah risalah ahlussunnah wal jama`ah. Tetapi, karena diketahui oleh Sultan Salahuddin Al Ayyubi, maka orang-orang lebih utama mengatakan aqidah shalahiyyah. Dan risalah ini membahas atau memuat penegasan bahwa Allah maha suci dari berupa tempat.

Imam Abu Hasan Al Asy`ari telah menyusun  i`tiqad (paham) kaum ahlussunnah wal jama`ah terbagi kepada beberapa hal :
1. Tentang ketuhanan
2. Tetang malaikat-malaikat
3. Tetang Kitab suci
4. Tetang Rasul
5. Tetang hari kiamat
6. Tetang qadha dan qadar

Pembagian ini sangat sesuai dengan sabda rasulullah saw di ketika ditanyai oleh seseorang (orang ini adalah malaikat Jibril yang menyamar untuk memberi ilmu kepada para sahabat melalaui rasulullah)
فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ
Mayoritas pemeluk agam islam adalah penganut ahlussunnah wal jama`ah. bahkan aqidah ini di anut oleh kebanyakan kaum muslimin di dunia.

Di saat rasulullah saw di tanya tentagn siapakah satu golongan yang selamat dari neraka, beliau menjawab :عليه واصحبي (رواه ترمذي)  انا yaitu golongan yang berpegang teguh pada aqidahku dan sahabat-sahabatku. (H.R Turmudzi).

Dan ketika rasulullah ditanyai tentang siapakah golongan dari islam yang masuk surga sedangkan yang lain masuk neraka, beliau menjawab, "golongan yang masuk surga adalah golongan ahlussunnah wal jama`ah, sellain golongan ini semua pengisi neraka.

Nah, sekarang  sudah jelas bagi kita bahwa ahlusunnah wal jama`ah sebagai jalan pembuka untuk kita  mendapat ridha Allah dan masuk surga-Nya. Semoga Allah memberkahi kita semua dengan di berikan istqamah untuk menjadi aswaja sejati dan berbudi pekerti luhur.

Danial Amsal
Penulis adalah Satriwan Kelas 5 LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga

Related

Ulama 5995496095995958392

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

item