umdah

Berjalan Begitu Halus

Waktu berlalu begitu halus, menipu kita yang terlena belum sempat berzikir pagi tau-tau hari sudah menjelang siang. Tidak sempat bersed...

Waktu Tak Akan Pernah Kembali Lagi

Waktu berlalu begitu halus, menipu kita yang terlena belum sempat berzikir pagi tau-tau hari sudah menjelang siang. Tidak sempat bersedekah pagi hari tau-tau matahari sudah meninggi. Rencana mau shalat dzuha jam 9 tau tau azan dzuhur sudah berkumandang. Kepingin setiap pagi menambah satu juz ayat ayat al Qur'an. Menambah satu hari satu ayat. Tapi... Ya itulah hanya kepingin saja. 

Komitmen tidak melewatkan tahajjud dan witir sekalipun hanya tiga rakaat singkat. Namun itu hanya sebatas rencana. Akan terus beginikah nasib hidup menghabiskan umur berhura-hura dengan usia lalu masuklah usia diangka 30 sebentar kemudian menjadi 40. Tak lama terasa sudah menajdi  50. Dan orang mulai memanggil kita dengan sebutan "Kakek", "Nenek" pertanda kita sudah tua dan cucu kita pun sudah di SD, SMP, dan selanjutnya.

Lalu sambil menunggu ajal tiba. Sejenak kita mengintip catatan amal yang kita ingat. Pernah berbuat apa? Astagfirullah... ternyata sedekah dan ibadah kita hanya sekedarnya. Mengajarkan ilmu tak pernah ada. Silaturahmi rusak semuanya. Apalagi silaturrahmi kepada sang khaliq.
Jika sudah demikian apakah roh ini tidak akan menolong, meraung, menjerit menahan kesakitan saat berpisah dengan tubuh saat sakraratul maut. Belum cukupkah menyia-nyiakan waktu selam 30 tahun, 40, 50 atau 60 tahun.

Butuh berapa tahun lagikah untuk mengulang pagi, siang, sore dan malam hari. Butuh berapa minggu, bulan, atau tahun lagi untuk bisa mempersiapkan diri untuk siap mati tanpa kita merasa kehilangan waktu dan kesempatan untuk menghasilkan pahala disetiap detiknya maka 1000 tahun pun tidak akan pernah cukup bagi orang yang terlena. Maka benar kata Rasulullah SAW "Ada dua kenikmatan yang membuat manusia lalai atau terpedaya olehnya yaitu sehat dan waktu luang".

Waktu berlalu begitu halus tak terasa sudah tahun 2018. Ya Jadinkanlah sisa usia kami untuk beribadah kepadaMu. Amiiin.

elhasan_umar



Related

Serba Serbi 689057222335442320

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

item