umdah

Santri Zaman Now

Umdah.co.id Santri adalah suatu entitas besar yang sedang menempuh rihlah ilmiah sebuah rihlah yang dengannya Allah SWT mengangkat der...



Umdah.co.id Santri adalah suatu entitas besar yang sedang menempuh rihlah ilmiah sebuah rihlah yang dengannya Allah SWT mengangkat derajat insan, sebuah rihlah yang Nabi SAW menyebutkan mereka mendapatkan sayap sayap malaikat dan istigfar dari pendudk langit dan bumi. Sebuah rihlah yang tak menghitung atau memperdulikan seberapa juta kaki telah melangkah dan entah berapa banyak harta yang dikeluarkan yang semua itu hanya karena meyambung risalah Nubuwwah, demi Dinul Haq selalu eksis disegala kurun.
Keberaddan santri dari zaman old dan zaman now selalu menjadi agent of civiligation (agen peradaban), bom yang akan siap meledakan kebatilan, perisai yang menahan agama dari segala yang menghancurkannya, pelangi dikala zaman itu sedang hujan diiringi petir, pelangi yang kemudian memberikan warna warna indah bagi peradaban zaman now. Santri yang dengan ilmunya akan memberikan solusi ditiap permasalahan.
Namun seiring dengan tranformasi dunia teknologi dan informasi timbul PR baru bagi santri untuk siap dan mampu memanfaatkan teknologi dan informasi menjadi bernilai bagi agamanya. Zaman now mengharuskan terciptanya konsep dakwah yang fresh tanpa meniggalkan metode warisan ulama dahulu. Al-Muhafadhotu Alal Qodimis Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah ( Memelihara budaya-budaya tradisional yang baik dan mengambil budaya-budaya baru yang lebih baik).

 Konsep segar yang memudahklan islam menebus gedung gedung raksasa, menghilangkan dahaga daerah yang belum kental Islam disana, menjawab atau meluruskan kampanye Islamfhobia diberbagai Negara dunia, menyebarkan konsep Ahlusunnah Wal Jamaah yang telah diformulasikan oleh ulama ulama terdahulu dalam literasi literasi mereka.
Sebahagian tips menjadi santri Zaman now menurut pena adalah :

Kreatif teknologi dan informasi.
Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia teknologi didefenisikan dengan metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Sedangkan informasi adalah kabar atau berita tentang sesuatu. Dari kedua defenisi diatas bisa kita simpulkan bahwa teknologi informasi adalah sebuah sarana yang memudahkan seluruh informasi tersebar keseluruh tempat. Dunia teknologi dan informasi layaknya pisau tajam akan banyak menumpahkan darah bila pemegangnya bukan orang baik, sebaliknya pisau yang demikian tajam akan sangat bermanfaat bila pemegangnya adalah orang baik. Enyah berapa banyak kemuhktahiran teknologi memudaratkan dunia, misalnya nuklir nuklir yang dirancang lalu dengan nuklir itu mereka hancurkan masjid masjid, membunuh manusia yang tak berdosa, dan menghancurkan ekosistem semesta. Namun sebaliknya jika pemegang teknologi adalah orang faham agama maka hal ini tidak akan terjadi bahkan bukan sebuah ethopia belaka semua itu akan membawa rahmat bagi manusia.
 Pesan dakwah santri akan lebih menarik dan instan lewat sosmed misalnya, maka facebook, intagram santri semestinya berbeda dengan mereka yang bukan kaum sarungan, postingan kids zaman now. Misalnya status status galau, curhat tentang kisah cinta layaknya ftv, atau keluhan keluhan yang sebenarnya bukan konsumsi publik, atau bahkan foto foto aurat yang kemudian dinikmati jutaan penikmat sosmed. Santri diharapkan tidak menyempitkan pemanfaatkan media sosialnya hanya sekedar mengisi kekosongan waktunya saja. Mulailah mempromosikan islam, jangan kalah dengan mereka yang menyebarkan ide ide sempalan, ide ide kebebasan dll.
Berikut ini adalah motivasi dari Allah untuk para mubaligh. 
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri? (Fushshilat: 33)

dalam tafsir Ibnu Katsir, Al-Hasan Al-Basri mengomentari ayat ini, beliau mengatakan bahwa orang yang dimaksud adalah kekasih Allah, dia penolong (agama) Allah, dia orang pilihan Allah, dia orang yang diutamakan oleh Allah, dia adalah orang yang paling disukai Allah di antara penduduk bumi. Dia memenuhi seruan Allah dan menyeru manusia untuk memenuhi seruan Allah seperti yang dilakukan olehnya, dan ia beramal saleh sebagai pengamalan seman Allah, lalu ia berkata, "Aku termasuk orang-orang yang berserah diri," dan ini menjadikannya sebagai khalifah Allah.

Sadar Bahasa.
Dalam perspektif Islam, bahasa berawal dari firman Allah didam surah Al Baqarah ayat 31 :
dan ia telah mengajarkan Nabi Adam, akan Segala nama benda-benda dan gunanya, kemudian ditunjukkannya kepada malaikat lalu ia berfirman: "Terangkanlah kepadaKu nama benda-benda ini semuanya jika kamu golongan Yang benar".

Islam telah meyakinkan penganutnya bahwa manusia pertama yang dicipta Allah telah diamanahkan ilmu dan bahasa yang telah maju dan kompleks. Nabi Adam bukan manusia yang bertutur dalam bahasa wo wo, ho ho atau apa sahaja kaedah yang menyerupai binatang, sebaliknya telah mewarisi bahasa ilmu kerana Allah menegaskan bahawa Nabi Adam telah menggunakan bahasa sebagai perantara mendapat ilmu mengenai seluruh alam.

Perkembangan tranportasi saat ini sungguh luar biasa, jika zaman old kita akan butuh waktu berbulan bulan untuk pergi berhaji atau seumpamanya maka sekarang perpindahan manusia dari tempat ketempat lain sangat mudah, dan dengan sabab inilah perkembangan bahasa semakin hebat dalam artian suatu bahasa akan sangat mudah berpindah dari suatu daerah ketempat lain lantaran penduduknya sudah berpindah tempa itu.


Dengan bahasa juga seorang santri bisa menguasi sebuah daerah, bahasa adalah komunikasi yang paling idela untuk zaman now. Bagi seorang santri ada dua bahasa yang semestinya dikuasai yaitu bahasa Arab dan inggris, bahasa Arab merupakan bahasa Alquran, Hadist dan literasi ulama ulama salaf, dengan bahasa Arab santri zaman now mudah mengahafal Alquran, Hadist, matan matan turas, menerjemah nasihat nasihat ulama agar nasihat itu bisa dikonsumsi oleh orangg awam,  sedangkan bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, karena pada dasarnya bila suatu peradaban yang dianggap paling maju disuatu masa, maka yang berkaitan dengan pakaian, makanan dan gaya hidup dan bahasa akan mengkiblat kepada peradaban tersebut. 

Harus kita akui bahwa saat ini baratlah yang menjadi kiblat dunia dalam hal gaya hidup dan kebudayaan maka tidak heran bahasa Inggris sangat penting dikuasai. dengan bahasa inggris kita bisa menjawab problematika terkaid islam fhobia yang sampai saat ini masih ada disebahagian negara negara barat, menjelaskan Islam kebenua biru dengan bahasa mereka. minimal ghuhur dari mereka tentang islam bisa kita tega dan lawan sebagai mana dalam sebuah pepatah Arab  من عرف لغة قوم سلمه من غررهم ( siapa saja yang menguasai bahasa suatu kaum niscaya dia akan terbebas dari ghurur mereka)

Allhamdulillah, saat ini didayah Mudi Mesra sadar akan pentingnya bahasa hal ini ditunjuk dengan berdirinya Mabna Lugha sebagai pusat pembelajaran bahasa bagi santri, maka sikap terbaik adalah bagaimana Mabna lugha bisa mencetak kader kader ulama yang tidak hanya mahir kitab kuning namun juga mahir dalam bahasa.

PD dengan Identiras Santri.
Islam adalah agama Rahmatan lil alamin, tidak kaku dan kemudian jika seseorang semakin berilmu tidak kemudian membuat dia harus menjauhkan diri dari lingkungan atau tidak terlibat dengan kehidupan sosial tentunnya dengan mengedepankan aturan Islam itu sendiri. Hidup dizaman yang banyak sekali komunitas disertai dengan warna dan atributnya masing masing, maka bagi para santri perlu menampakan warna mereka sebagai santri, agar identitas santri tidak kalah dengan identitas komunitas lain yang tidak diaminkan oleh syariat,mislanya kehidupan ala LGBT dll.
Cara berpakainan santri harus mencerminkan bahawa dia adalah Mukmin yang faham syariat, misalnya seorang santri wati maka berbanggalah dengan cadarnya yang selalu manghiisi kepribadiannya, duduk dirumah jika tidak ada kepentingan, belajar akhlak dari pada role hidup para wanita shalihah terdahulu.

Santi adalah komunitas yang diharapkan mempromosikan kepribadian yang diwariskan Rasulullah, dan yang telah dituliskan didalam kitab kitab kuning. jika dia sedang beribadah, dia akan sangat memperhatikan rukun dan syarat syarat, jika dia sedang bermuamalah maka dia akan sangat menjaga dari yang subhat apalagi yang haram, jika dia dalam sebuah majlis, tak berendahkan teman temannya, mencaci mislanya.  Santri harus PD dengan atribut mereka dengan tidak memijam gaya hidup komunitas lain, seklipun dia sedang berada ditempat yang takseorang pun mengetahui bahwa dia adalah pelajar Islam. jika kita sendri tidak PD dengan cara hidup yang digariskan oleh Rasulullah maka siapa yang akan mempromosikan bahwa Rasulullah adalah orang yang paling sempurna Aklahknya, apakah kita adalah orang yang benar benar menjadikan Rasululllah idola atau itu hanya sandiwara saja ? 


Rizky Ramadhana AR

Related

Serba Serbi 2466437647413525948

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item