umdah

Qiyamuhu Binafsih

Umdah.co.id-  Didalam islam, setiap muslim yang telah di bebankan hukum taklifi pada syara` seperti halnya manusia, jin, laki-laki, perem...


Umdah.co.id- Didalam islam, setiap muslim yang telah di bebankan hukum taklifi pada syara` seperti halnya manusia, jin, laki-laki, perempuan, baik itu dari kalangan oarng  awam atau hamba sahaya dan juga yajud dan majud selain para malaikat mereka wajib mengetahui sifat-sifat yang wajib, jaiz, dan sifat mustahil bagi Allah swt, dan juga sifat-sifat yang wajb, jaiz, dan mustahil bagi Rasulullah saw.
Hal ini senada dengan ucapan syaikh Ibrahim Al Laqani dalam nadahamnya :

فكل من كلّف شرعا وجبا   عليه ان يعرف ما قد وجبا
لله والجاءز والممتنعا    ومثل ذا لرسله فاستمعا

Wajib terhadap orang-orang yang telah di bebankan hukum syara` untuk mengetahui apa saja yang wajib bagi Allah swt dan yang jaiz dan yang mustahil. dan umpama demikian bagi rasulullah, pahamilah.

Dalam menanggapi problematika diatas, penulis tidak menjabarkan semua dari apa yang wajib bagi seorang muslim. Ia hanya mengurai salah satu wajib bagi Allah, yaitu sifat Qiyamuhu binafsih.
Qiyamuhu binafsih (berdiri dengan sendirinya).

Sifat qiyamuhu binafsih adalah satu sifat Allah swt yang wajb kita imani. Karena sifat ini merupakan ssalah satu sifat dari zat Allah swt. Maka didalam memahami sifat ini, syaikh Muhammad Fuzhali menjelaskan dalam kifayatul awam beliau bahwa makna dari sifat qiyamuhu binafsih adalah tidak butuh kepada tempat yang menjadikan.

Mengenai keadaan Allah swt berdiri sendiri ialah Allah swt tidak butuh kepada tempat dan tidak memerlukan kepada tempat dan tidak memerlukan kepada yang menguatkan. Hal ini karena Allah swt yang menciptakan semua makhluk di jagat raya ini. Logikanya ialah, jika Allah swt memerlukan tempat seperti halnya warna putih perlu kepada tempat yang diwarnai, maka Allah itu sifat yang sama seperti warna putih, sedangkan Allah swt tidak boleh kita katakan sifat, karena Allah swt merupakan zat yang mempunyai sifat.

sumber
Kitab Tuhfatul Murid
Kitab Kifayatul Awam
Muzakir Aceh Selatan
Penulis : Santriwan LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga

Related

Tauhid 5932645706224428579

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item