umdah

Mukmin itu Bersaudara

"tidaklah sempurna iman seseorang sampai mencintai orang beriman lainnya sebagaimana mencintai diri sendiri" (HR Bukhari dari Ana...

mudi mesra
"tidaklah sempurna iman seseorang sampai mencintai orang beriman lainnya sebagaimana mencintai diri sendiri" (HR Bukhari dari Anas).

Hadis ini sangat relevan untuk menjadi pengingat bagi kita muslim di seluruh dunia terhadap duka yang menimpa saudara kita di Palestina.kita bisa merasakan betapa mereka tertindas dan tidak diakui di negeri kelahiran mereka sendiri,kesenjangan dalam berbagai aspek yang terus berkepanjangan dan para warga juga terus menjadi korban secara sistematis oleh negara dan kelompok kelompok yang terus mengepung mereka seakan tak kunjung habis.

Tak heran bila kemudian mereka mengungkapkan dalam berbagai bentuk dengan harapan dunia ini tau bagaimana nasib yang sedang mereka alami khususnya perhatian dari negara-negara islam.

Dalam hal inilah kita yang seiman dan seagama wajib membantu Muslim palestina.kita bisa  saja memberi bantuan dalam bentuk materi (sumbangan uang dan pakaian) dan bisa juga dengan berdoa kepada Allah semoga para negeri dan rakyat palestina selamat dari berbagai serangan kelompok yang tak bersikap adil kepada merka.

Perihal membantu sesama muslim telah disebutkan sendiri oleh yang mulia Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadisnya : "Perumpamaan seorang Muslim dengan Muslim lainnya dalam kerja sama, kasih sayang,dan kelemahlembutan adalah bagai sebuah tubuh.Apabila salah satu anggota tubuh sakit, secara refleks anggota tubuh lainnya ikut merasakan dan berjaga" (HR Muslim dari Nu'man bin Basyir).

Dapat kita rasakan ketika salah satu bagian tubuh terluka, secara otomatis tangan langsung membubuhi obat atau membalutnya,kaki dengan segera beranjak menuju ke rumah sakit atau ke dokter. Kalau sakitnya terlalu parah maka air mata pun ikut menetes menunjukkan rasa solidaritas yang kuat.Lidah tanpa disuruh juga langsung siaga laksana juru bicara untuk berlangsungnya pengobatan lanjutan.

Seperti itulah semestinya gambaran persaudaraan sesama muslim atau ukhuwah Islamiyah. Persaudaraan yang penuh dengan nilai kasih sayang dan keikhlasan.Ia menembus batas ruang dan waktu. Berbagai sekatan geografis,latar sosial dan ideologis akan lebur di atas terwujudnya nilai persaudaraan berlabel ukhuwah Islamiyah tersebut.

hal ini juga pernah terjadi saat apa yang dilakukan kaum Anshar saat menyambut kehadiran kaum Muhajirin dari kota Makkah saat kesenjangan terjadi di kota mekkah.Mereka diperlakukan layaknya saudara kandung oleh masyarakat kota Madinah dengan penuh kasih sayang.

Begitu pula yang diperlihatkan Ikrimah bin Abi Jahl,Suhail bin Amr,sahabat dari Bani Mughirah setelah Perang Yarmuk. Mereka rela bertaruh nyawa saat kehausan akibat terluka demi saudara Muslimnya. Pada akhirnya, semua meninggal tanpa seorang pun sempat meminum air yang sangat mereka nantikan. jika Mereka dulu mengorbankan nyawa. Lantas, sudah berapa banyak kita membantu saudara kita yang membutuhkan?

Related

Dunia Islam 366648366053573920

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item