umdah

6 Kunci Rumah tangga yang Bahagia

Umdah.co.id - Rumah tangga yang menyenangkan adalah dambaan setiap pasangan yang menikah. Rumah tangga yang bahagia sangat dipengaru...


Umdah.co.id - Rumah tangga yang menyenangkan adalah dambaan setiap pasangan yang menikah. Rumah tangga yang bahagia sangat dipengaruhi oleh saling pengertian antara kedua pasangan. Kebahagiaan memang tidak mudah dicari namun bukan berarti tidak pernah didapatkan. Hanya perlu usaha yang merubahnya. Menjadikan semua harapan terkabulkan tentu harus dengan sebuah perjuangan.

Apa saja hal-hal yang membuat rumah tangga menjadi bahagia? Berikut beberapa kunci rumah tangga bahagia menurut islam:

Kesatuan Rumah Tangga
Saling bersatu adalah langkah jalan untuk tidak terpecahbelah saat ada masalah. Masalah dalam rumah tangga takkan pernah terelakkan, pastinya selalu ada masalah dalam rumah tangga. Butuh pondasi yang kuat memang. Hal ini tidak akan terealisasi tanpa kerjasama.

Malah, kesatuan itu adalah kebersamaan yang romantis. Saling membantu untuk sebuah hasil yang didambakan bukankah hal yang menyenangkan?

Tujuan Berumah Tangga
Kita tak pernah bisa hidup sendiri bukan? Tentu saja kita memilih hidup bersama agar mendapatkan keindahan dalam perjuangan yang dilakukan bersama-sama.

Kita memilih seseorang untuk mengartikan kehidupan menjadi lebih baik. Untuk menjawab hal-hal yang tidak bisa kita atasi sendiri.

Semua beban yang ada, sekarang tidak ditanggung sendiri. Seseorang yang telah menikah akan melakukan semuanya bersama-sama. Hal-hal yang sulit tentunya menjadi indah jika seperti ini. Menikah memang jalan yang baik untuk menilai kehidupan dari sisi yang dewasa. Karna seseorang kala itu, memiliki anak yang membuat dirinya menjadi paham dan mengerti bagaimana rasa kehidupan yang sebenarnya.

Niat Ibadah
Tidak ada cinta yang sia-sia. Karna niat beribadah, merubahnya menjadi mutiara yang bernilai saat berjuang di padang mahsyar nanti. Ada beberapa orang yang akan menerima payung disana. Salah satunya adalah pemilik cinta karna Allah ta'ala.

Beribadah dengan cinta itu asyik. Selain mendapatkan pahala, kita juga mendapat rasa kasih sayang dari seorang kekasih. Memperolah pengertian serta rayuan dengan sedikit canda tanpa dinilai sebagai dosa. Inilah merupakan keindahan dalam menjalin cinta melalui menikah.

Menjalankan Peran Istri
Istri itu harus selalu tampil cantik. Cantik tak selalu dinilai dari fisik serta tampilan. Selain cantik yang seperti ini, bersikap lemah lembut dengan suara yang menyenangkan juga dikatakan cantik. Karna pada dasarnya, cantik adalah sesuatu yang dinilai oleh seorang suami. Cantik dirasakan oleh suami.

Sedangkan hati dan jiwanya juga ikut merasakan pengaruh dari sifat serta tingkah laku seorang istri. Jika seorang istri marah, tentunya suami akan tersakiti. Jika istri tidak berkelakukan baik, suami akan merasa tidak bahagia.

Peran istri yang menjadi kunci adalah sebagai berikut:
  • Mengelola Amanah dan Harta Suami
  • Melayani dan Mensupport Pekerjaan Suami, tentunya adalah pekerjaan yang halal
  • Sebagai ibu jika sudah memiliki keturunan, dan berperan untuk mendidik anak-anak
  • Memberikan kenyamanan dan kasih sayang pada suami, serta menjaganya dari perbuatan maksiat
  • Tidak mempersulit suami dalam menghasilkan nafkah yang halal
  • Menglola Aset rumah tangga
Menjalankan Peran Suami
Sebagai seorang pemimpin, suami harus berani dan berwibawa. Memerintah sesuatu tapi tidak sampai membentak. Tetap lembut, walau sejatinya dia adalah seseorang yang pekerja keras dan tangguh. Tetap merasakan kehadiran sesuatu yang salah saat situasi tertentu.

Untuk itu, tugas-tugas dari suami adalah sebagai berikut:
  • Menjadi pemimpin keluarga
  • Memberikan nafkah dan memastikan finansial keluarga dapat terpenuhi
  • Memberikan nafkah batin pada istrinya
  • Menjadi pendidik bagi istri dan anak anaknya
  • Mengatur keluarga dengan nilai-nilai yang sudah ditetapkan sebelumnya, sesuai dengan nilai-nilai islam

Saling Memahami dan Menutupi Kekurangan
Memahami kekasih memang terasa sulit. Ada hal-hal yang menyakitkan saat itu. Kita harus mengalah terkadang. 

Tapi, dibalik rasa yang tidak menyenangkan, sebenarnya suasana yang indah sedang menunggu. Karna rasa pengertian, antara dua kekasih adalah landasan utama dari cinta. 

Kita memang tidaklah sempurna, tapi kita bisa mencarinya dari pasangan hidup. Kita memang tidak bisa mendapatkan semua hal, tapi sebenarnya kita bisa mendapatkan sebagian kebahagiaan dari pasangan hidup.

Tidak ada aib yang terlihat bila seseorang telah memiliki cinta. Karna itu, milikilah cinta! 

Seperti saat dulu awal mencintai, bukankah kita selalu memujanya? Bukankah kita selalu bahagia bertemu dengannya. Bahkan, ada senyum yang kita nantikan saat itu. Ada beberapa kata yang manja yang dirindu.

Mengingat awal kisah cinta, selalu mengabadikan kisah cinta. Mengingat awal perjuangan adalah salah satu langkah untuk pertemuan yang selamanya dengan kekasih.

Related

Motivasi 6115333399612175679

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item