umdah

Kamu Satu Banding berapa?

Kamu Satu Banding berapa?

Umdah.co.id-Allah swt membalas setiap amalan kebajikan hambanya dengan pahala yang semata-mata karena karunia-Nya. Dan Allah membalas setiap amalan kemungkaran hambanya dengan semata-mata keadilan (tidak ada yang dapat menggugat serta protes terhadap apa saja yang dilakukan Allah swt).
Dengan karunianya Allah membalas amalan kebaikan hamba dengan balasan yang berlipat ganda mulai dari 10 gandaan hingga tak ada batas.Namun Allah hanya membalas amalan buruk hamba hanya dengan satu balasan saja.

Lalu amalan baik dan buruk seperti apa yang dibalas serta di gandakan oleh Allah? Syaikhul islam Iibrahim Al Bajuri menuangkan maksud dari keduanya dalam syarahannya terhadap syair-syair indah Syaikh Ibrahim Al Laqani dalam aqidah.

Amalan keburukan yang dimaksud adalah setiap hal yang dikerjakan hamba secara langsung  aatu bukan dengan cara diberikan kepadanya keburuja orang-orang yang di zaliminya sesudah habis amalan kebaikannya. Karena seluruh keburukan penzalim akan diberikan kepada yang orang yang ia zalimi. Dan jiakalau belum lunas kezalimannya, maka seluruh amalan buruk oarng yang ia zalimi di pundakkan atasnya.

Sedangkan maksud dari amalan baik yang digandakan adalah setiap amalan yang dikabulkan dan yang asli serta yang dikerjakan hamba secara langsung atau bukan, yaitu amalan yang dikerjakan orang lain dan meniatkan pahala untuknya seperti sedekah dan doa, bukan amaln orang yang dizalimi yang didapat penzalimnya tadi. tidak termasuk amalan-amalan yang tertolak karena ria misalnya, bahkan tak ada pahala sama sekalli, begitu pula gaandaan yangdiperolh dari amaln lain, makatidak digandakan keduan kalinya, karena bukan amaln asli.

Tidak pula orang yang hendak melakukan kebaikan, tapi tidak jadi. Maka hanya dituliskan satu kebaikan saja, selaras dengan orang yang hendak melakukan keburukan, namun keinginannya itu dibatalkan.

Penggandaan terhadap amalan kebajikan merupakan khsususiat dan keistimewaan ummat nabi Muhammad saja. Sedangkan ummat-ummat sebelum ummat nabi Muhammad hanya mendapat satu balasan dari kebajikannya. Tingkatan ganda yang paling rendah adalah sepuluh banding satu, terkadang juga tujuh puluh, tujuh ratus, sampai, seterusnya tanpa batas. Dan besar atau kecilnya gandaan tergantung pada baromter keikhlasan dan bagusnya niat.
Wallahu A`lam

Sumber : Kitab Tuhfatul Murid hal. 114-115 cet.Haramain
Penulis : Al Murtaza Ridwan
Santriwan kelas 3H LPI MUDI Mesjid Raya

Related

Tauhid 6400982996956295428

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item