umdah

Mengapa Cinta Ibu Lebih Besar dari Ayah

Ayah dan ibu, keduanya merupakan orang yang pertama kali memberikan cinta kepada kita. Sebelum kita terlahir di dunia ini, mereka b...



Ayah dan ibu, keduanya merupakan orang yang pertama kali memberikan cinta kepada kita. Sebelum kita terlahir di dunia ini, mereka berdua telah mulai mengasihi dengan penuh kasih sayang. Keduanya sama-sama berjuang untuk kesuksesan langkah hidup anak-anak mereka.

Ayah, pergi mencari rezeki, sebelum mentari benar-benar terbit. Ayah telah bekerja untuk anaknya mulai waktu pagi serta pulang saat malam hampir berakhir. Demikian pula ibu, meski beliau tak bekerja keras, namun kasih sayangnya amat terasa pula. Sejak kita telah terlahir, ibu tersenyum bahagia, ibu berjuang penuh membesarkan kita. Tidak marah, saat kita berbuat salah. Selalu tersenyum walau kita sering menangis serta mengacau. Tidak terlalu peduli meski kita sering tak patuh padanya. Pun tidak terlalu menghiraukan, walau kita tidak punya kelebihan apa-apa yang bisa diberikan kepadanya.

Keduanya selalu hebat, memang. Tanpa bisa kita melihat yang mana yang terlebih hebat diantara keduanya. Namun demikian, walau keduanya sama-sama memiliki kasih sayang yang tinggi kepada anak-anak mereka. Sejatinya, kasih sayang ibu lebih besar dari kasih sayang seorang ayah.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Hasyiyah Al Bujairimi ‘ala Al Khatib 4 : 82 cet. Darl kutub

فإن قيل: ما الحكمة في أن الأم أشفق على الولد من الأب وهو خلق من مائهما. فالجواب أن ماء الأم من قدامها من بين ترائبها قريبا من القلب الذي هو موضع الشفقة ومحل المحبة والأب يخرج ماؤه من وراء ظهره من الصلب وهو بعيد من القلب الذي هو موضع الشفقة والرحمة.

Cinta dan kasih sayang ibu kepada anaknya lebih besar dibandingkan dengan cinta dan kasih sayang seorang ayah. Karena sperma perempuan keluar dari tulang dada yang berdekatan dengan hati sebagai tempat cinta dan kasih sayang pada diri seseorang sedangkan sperma laki-laki keluar dari sulbi yang letaknya jauh dari hati.



Related

hikmah 2374212576967410254

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item