umdah

SANTRI PENYELAMAT BAGI NEGARA INDONESIA

Umdah.co.id Santri, cuma tersusun dari enam huruf abjad,namun mengandung makna yang sangat luas.Kehidupan nya terkesan klasik tetapi...



Umdah.co.id Santri, cuma tersusun dari enam huruf abjad,namun mengandung makna yang sangat luas.Kehidupan nya terkesan klasik tetapi peranan nya sangatlah penting didalam menciptakan keharmonisan dan kemajuan dalam suatu negara, seperti negara kita Indonesia.Terbebas dari penjajahan belanda disebabkan para pejuang muslim yang datang silih bergannti demi membangkitkan semangat jihad fisabilillah didalam melawan penjajahan, contohnya di Jakarta ada K.H. Adullah Syafi’i, di Bekasi ada K.H. Nur Ali, di Aceh ada Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Mutia dan Teuku Umar, di Sumatra Barat ada Imam Bonjol dan lain-lain.
Begitu pula peran lulusan pesantren, juga sangat berjasa didalam melahirkan pancasila sebagai dasar negara yang tersusun dari lima pilar, beliau ialah K.H. Abdul wahid hasyim. Untuk sekarang, khususnya Negara kita Indonesia, sangatlah membutuhkan peran-peran seperti mereka didalam menjawab segala problematika yang terjadi tengah-tengah masyarakat.Tanpa jasa mereka, mungkin, pada saat ini kita tidak dapat tinggal di rumah yang bertingkat dengan segala fasilitas yang super mewah.
Melihat keonaran dan kenakalan remaja sekarang yang rentang tidak peduli kepada pendidikan agama, mereka lebih suka keluyuran dari pada menimba ilmu agama, bukan hal yang mustahil Indonesia sekarang akan kembali seperti dahulu kala,menjadi budak di tanah kelahiran nya sendiri.Sebab pemuda hari ini merupakan pemimpin hari esok, apabila mereka berkarakter perusak otomatis kemudian harinya mereka akan menjadi pemimpin yang penghancur. Cara yang paling alternatif untuk menolak dampak demikian mulai saat ini tanamkan kepada pemuda dan pemudi agar mereka cinta kepada ilmu pendidikan agama. Apabila mereka fanatik kepada ilmu maka mereka akan dapat hidup rukun antara sesama muslim dan non muslim.
Walaupun ada mitos yang menegaskan “menyandang status santri seakan kelihatan kampungan dan seandainya seluruh pendidikan di Indonesia berbasis agama islam pasti tidak akan di kenal sampai manca negara”. Nyata-nyatanya argumen yang demikian sangatlah paradok/bertentangan dengan pengalaman yang sering kita dengar, dimasa kesultanan Iskandar Muda di Aceh seluruh  pendidikan berbasis agama, bahkan pada masa itu tidak ada alat-alat elektronik yang canggih namun Aceh dikenal sampai kancah Eropa dan menjalin hubungn baik dengan Negara luar.
Kemudian fenomena yang paling makro terjadi sekarang adalah perselisihan diantara bangsa dan negara, ditinjau lebih dekat penyebab nya faktor saling menyalahkan dan mengkambing hitamkan antara satu pihak dengan yang lain nya.Cara yang paling menanggapi demikian saling toleransi disertai mendahulukan kebersamaan dan tidak mepersoalkan perbedaan.

SANTRI dan MAHASISWA
Akan menghasilkan cendikiawan-cendikiawan yang profesional diketika santri dan mahasiswa di padukan, untukmenandingi dunia luar yang semakin hari semakin canggih, setiap hari mereka selalu menerbitkan karya-karya ilmiah yang baru, belajar yang rajin dan berlandaskan pendidikan agama.Pada hakikatnya tidak ada yang membedakan antara kita dengan mereka, cuma kita tidak mau bangkit dari kebodohan, selalu beranggapan “Aku tidak bisa”. Menjadi puncak rekor sejarah apabila Indonesia mampu melahirkan astronom muslim yang mampu mendarat diangkasa, sanggup menciptakan tenaga listrik nuklir, kereta cepat yang siap menempuh perjalananperdetik, pesawat tempur tanpa pilot, dan lain-lain.

POBLEMATIKA EKONOMI
Islam menuntun kesadaran setiap individu agar berjiwa besar dalam upaya mengangkat derajat setiap kehidupan manusia dari lembah kemiskinan.Al-quran mengajarkan kepada orang kaya yang memiliki harta yang sudah sampai nisab agar tidak lupa kepada hak-hak mereka yang fakir dan miskin,karna mayoritas penduduk Indonesia hidup dibawah garis kemiskinan, beserta para pengurus zakat ikhlas didalam beramal dan tidak adanya tikus-tikus yang berdasi. Bisa dipastikan kedepannya seluruh masyarakat Indonesia akan hidup makmur dan negara kita akan dikenal dengan negara yang anti kemiskinan.
Kesadaran demikianlah yang sangat sulit diterapkan di negara kita Indonesia.Memang sangatlah tepat konsep yang diterapkan didalam Islam “mengeluarkan zakat pada harta yang sudah sampai nisap nya”. Secara tidak langsung Islam telah memberikan satu solusi kepada kita bagaimana cara supaya dapat menanggulangi masalah perekonomian didalam suatu negara.
Maka jalan yang paling alternatif supaya setiap orang sadar akan kewajiban zakat ialah menanamkan pendidikan agama didalam dada setiap individu .Melihat realita di lapangan kebanyakan orang malah benci terhadap pendidikan agama bahkan ada sebagian oknum berambisi keras untuk menghancurkan tempat-tempat pendidikan agama. Kalau demikian penyakit yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, negara Indonesia kedepan bisa dikatakan lebih hancur dan porak-poranda dari sekarang, pilihan berada di tangan kita semua!
Setiap orang apabila di tanyakan “apakah ingin supaya negara nya menjadi negara-negara yang dikenal sampai mancanegara?”Jawabannya pasti ya.Tetapi praktek dalam kehidupan mereka hanya bisa ngomong.Selaraslah dengan pepatah yang mengatakan: “ngomong memang mudah, tapi melakukannya itu yang sangat susah”.
Manusia diciptakan oleh Allah sebagai penghuni di bumi antara lain supaya mereka dapat mencari perbekalan untuk menjalin kehidupan di negeri akhirat. Ditinjau dari segi aspek yang lain, kita diciptakan sebagai penghuni dunia juga untukmenguasai dan memakmurkan dunia tanpa terkecuali apakah dari suatu bangsa ataupun suku manapun mereka. Maka setiap manusia berkesempatan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan sesuai dengan keahlian yang mereka miliki.
Islam menganjurkan kepada setiap umat manusia agar memakmurkan bumi.Pemakmuran meliputi perbaikan kesejahteraan hidup mereka, harmonisi kehidupan bersama dan peradaban yang berkemanusiaan.Dengan adanya saling bantu-membantu insyaAllah akan menyelesaikan setiap permasalah yang terjadi.
Ada beberapa pihak yang mengharapkan adanya investor asing yang datang memodali negara ini.Mungkin ini pulalah yang di sinyalir oleh sebagian para ekonom-ekonom Indonesia agar kita jangan banyak berhutang, tetapi kita harus lebih mandiri dan memperdayakan modal yang berada didalam negeri.Membangun dengan kemampuan yang kita miliki lebih baik dari pada harus berhutang pada negara maju.Sebab negara yang berhutang akan bangkrut dan tidak dapat membangun beserta bangkit daripada keterpurukan ekonomi.Negara yang tidak banyak berhutang dan sanggup memperdayakan setiap potensi yang berada didalam negeri akan lebih mudah maju. Sebagai contoh, ketika krisis melanda Asia Tenggara pada tahun 1998, Malaysia merupakan negara yang lebih cepat mengatasi masalah tersebut, disebabkan mereka tidak dililit oleh hutang.
Kemudian, manusia apabila memiliki sifat professional, dapat menjadikan sumber daya alam sebagai lapangan pekerjaan yang dapat mendatangkan penghasilan yang super besar bagi kemakmuran kehidupan nya. Antara lain sumber daya yang dapat dipergunakan seperti laut matahari,sungai,pepohonan,air hujan. Cenderung kebanyakan tabia’t manusia mengelola alam ini sehingga membawa dampak malapetaka dan kehancuran bagi manusia sendiri. Contohnya, tidak melindungi hutan dan melestarikan, membuang limbah kesungai dan kelaut,membuat bangunan tertahannya air yang mengalir, daripada perbuatan tersebut mendatangkan berbagai bencana alam, yang membawa dampak ketidakdisiplinan dan kesulitan ekonomi, kehidupan sosial bagi masyarakat Al-quran menyuruh kepada ummat manusia agar tidak berbuat keruasakan dimuka bumi, apabila negara indonesia ditegakkan perundang-undang seperti seperti dalam Al-quran. Di lapangan pembuangan limbah kesungai, dihukumnya setiap para penebangan hutan ,pasti indonesia aman di terbebas dari bencana alam.
Di samping dibutuhkannya keahlian dalam mengelola alam juga dibutuhkannya syukur kepada yang diciptakan alam ini yaitu Allah.Didalam al-Quran Allah menerangkan ”apabila kamu bersyukur kepada-Ku maka akan akau tambah nikmat-Ku kepadamu dan apabila kamu kufur maka azabku sangatlah pedih.”
Dilihat dari sumber daya alam yang di Indonesia,kita merupakan negara yang paling maju apabila dibandingkan dengan negara-negara yang lain, tetapi nyata-nyatanya kemiskinan merajalela, penggaguran dimana-mana, siapa yang mesti disalahkan? Apakah pihak pemerintah yang memandang bulu pada setiap pendidikan yang ada dinegara kita, adakala mereka masyarakat Indonesia yang malas menuntut ilmu,sehingga mereka menjadi manusia yang bodoh tentang pendidikan agama dan umum perlu digaris bawahi yang bahwa tanah milik kita, kekayaan alam punya kita, jangan sampai orang lain menikmati hasilnya. Orang yang tidak mampu (miskin) kebanyakan tidak memiliki modal. Persoalan ini bukan hanya semata-mata tanggung jawab pemerintahh untuk menyediakan lapangan pekerjaan, tetapi pihak swasta juga harus ikut terlibat di dalamnya. Islam memberikan kebebasan dan wewenang di dalam memilih lapangan pekerjaan yang disenangi kecuali dengan kapilitas perindividu, boleh bekerja di wilayah manapun dengan keahlian yang ia miliki sehingga dapat menciptakan jenis lapangan pekerjaan bagi dia dan bagi orang lain, asalkan sesuai dengan aturan-aturan Allah. Selalu kita tanamkan di dalam hati nurani “yang penting pekerjaan halal”, bukan “yang penting, mendapatkan pekerjaan”.

PROBLEMATIKA SOSIAL
Semua manusia apabila dilihat dari segi kasat mata jelas berbeda berkulit putih dan hitam, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berbeda bahasa, budaya. Namun, dihadapan Allah semuanya sama, sedangkan startifikasi yang dituju cuma satu jalur, yaitu tingkat ketaqwaan, seperti firman Allah yang terdapat didalam surat Al-Hujurat ayat 13 “Sesungguhnya kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu bersuku dan berbangsa-bangsa supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang bertaqwa kepada Allah.
Islam merupakan agama rahmatallila’lamin (sebagai rahmat bagi seluruh alam ), sebagai bukti,  di dalam Islam dilarang berbagai tindakan kriminal seperti mencuri, pemerkosaan, pembunuhan dan lain-lain. Seandainya kita selalu mengikuti setiap kebijakan yang ada di dalam Islam insyaAllah negara kita akan terbebas dari berbagai tindakan kriminal yang meresahkan masyarakat pada umumnya. Sesama umat beragama Islam apabila kita tidak berprilaku sosial diantara bangsa, sungguh besar kemungkinan selalu terjadi peperangan yang dahsyat pada ruang dan waktu tertentu.
Dengan memiliki pendengaran, penglihatan, dan ketajaman mata hati, manusia dapat memilih yang terbaik bagi hidupnya dan tidak tega menyakiti orang lain. Allah menetapkan bagi jiwa tertentu untuk lahir, berkeluarga, berteman, berdasarkan ruang lingkup Islam. Salah satu kewajiban orang tua melatih karakter anaknya agar mempunyai sifat social. Kalaupun orang tua tidak mampu mendidik anaknya maka dibutuhkan peran para alim ulama di dalam membina karakter anak tersebut.
Kita tidak menginginkan negara ini menjadi negara yang jahiliyah versi nomor 2 setelah arab yang dahulunya dikenal dengan nama jahiliyah. Mereka membunuh setiap anak perempuan yang lahir kedunia. Siapa yang kuat maka dialah yang menggenggam kekuasaan. Tidak jauh beda dengan hukum yang berada dilaut, yang setiap saat selalu menindas bangsa yang kecil. Cinta kepada para ulama merupakan satu aspek pertanda yang bahwa kita tidak menginginkan negara ini hancur ditangan kita sendiri. Sebab ulamalah yang mengajari kita bagaimana hidup bersosial seperti akhlak Rasulullah SAW.




Related

Opini 4772991031137005755

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item