umdah

Pentingnya belajar mengendalikan amarah

Umdah.co. Marah adalah salah satu sifat favorit manusia yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Banyak manusia memiliki karakter ma...


Umdah.co. Marah adalah salah satu sifat favorit manusia yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Banyak manusia memiliki karakter marah dan emosional sehingga sering terjadi kekerasan di rumah tangga,perkelahian antar sekolah, dan lainnya. Dengan adanya sifat marah pada manusia akan membuat pergaulan menjadi sempit karena seseorang yang memiliki sifat marah bagaikan manusia  yang mengenggam batu bara panas  dengan maksud membuangnya pada orang lain. 

Manusia di anugerahi akal dan nafsu oleh Allah swt. Allah menganugerahkan akal pada manusia supaya manusia dapat manggunakan akalnya sebaik mungkin dan Allah menganugerahkan nafsu pada manusia supaya manusia  dapat mengendalikannya. Amarah berasal dari nafsu yang ada pada diri manusia, Buya hamka pernah mengatakan “Nafsu yang menyebabkan marah ”. Maka dari itu seseorang  yang mampu mengendalikan nafsunya dapat menghindari sifat marah. Jika tidak, maka marah yang ada pada diri seseorang bisa menyebabkan dendam dan dengki. Marah dan dengki merupakan perbuatan yang sangat di benci oleh Allah swt karena  dapat menimbulkan suatu penyakit hati. Bahkan, orang yang memiliki sikap ini akan sangat merugi karena membuat hidup tidak nyaman dan tidak tentram.

Larangan tentang sifat marah telah di sebutkan di Al-qur’an dan hadis bahkan banyak sekali motivasi-motivasi serta kata-kata bijak tentang mengatasi sifat marah. Akan tetapi, ketika seseorang sedang marah  ia tidak bisa berfikir secara jernih dan melakukan sesuatu di luar kuasanya.  Sebagai manusia yang normal wajar memiliki sifat marah tetapi sebaiknya sifat marah itu di redam bukan di luapkan karena manusia di bekali  akal untuk bisa mengendalikan sifat marah. Semua orang bisa marah namun tidak semua orang bisa mengendalikan amarahnya.

Berbicara tentang sifat marah tidak terlepas dengan sifat penyabar karena dua sifat ini saling berlawanan antara satu sama lain. Banyak orang mengatakan “Kesabaran itu ada batasnya”. Pernyataan tersebut sangat keliru karena yang namanya sabar itu tidak ada batasnya. Orang yang memiliki sifat penyabar bisa mengendalikan amarahnya dan orang yang bisa mengendalikan amarahnya adalah orang yang sangat hebat. Maka dari itu, Sifat sabar merupakan Suatu sifat yang mudah  di ucapkan namun sulit di lakukan. Selain itu, Mario teguh juga pernah mengatakan “Untuk mencintai kamu harus memiliki kekuatan. Dan kekuatan untuk melawan amarah adalah kesabaran”.

“Cinta dan kelembutan adalah sifat manusia, amarah dan gairah nafsu adalah sifat binatang”. Itulah yang pernah di katakan oleh Jalaluddin Ar-Rumi. Pada dasarnya, sifat manusia penuh cinta dan kelembutan karena manusia memiliki akal untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Berbeda dengan binatang yang selalu menggunakan insting dalam melakukan sesuatu sehingga tidak pernah berfikir  mengenai dampak dari apa yang di lakukannya. Dan sifat yang alami pada manusia adalah malu, manusia akan tetap dalam kebaikan selama rasa malu masih terpelihara. Sedangkan semua perbuatan yang di  mulai dengan rasa marah akan berakhir dengan rasa malu. Dari uraian yang telah anda baca ini, apakah anda masih mau menuruti nafsu yang menyebabkan anda marah ?.
   

Related

tafakkur 2570406615667909674

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item