umdah

Komentar Mereka tentang Hari Santri Nasional

Sejak diresmikannya hari Santri Nasional dalam Keppres nomor 22 tahun 2015 maka setiap tanggal 22 Oktober, Hari santri dipengati ol...



Komentar Mereka tentang Hari Santri




Sejak diresmikannya hari Santri Nasional dalam Keppres nomor 22 tahun 2015 maka setiap tanggal 22 Oktober, Hari santri dipengati oleh seluruh santri di Indonesia, namun alasan kenapa jatuh pada tanggal 22 Oktober, karena pada tanggal tersebut mengandung peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari para penjajah.

Yakni Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA.

KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu.
Seruan Jihad yang dikobarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari itu membakar semangat para santri Arek-arek Surabaya untuk menyerang markas Brigade 49 Mahratta pimpinan Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby.

Jenderal Mallaby pun tewas dalam pertempuran yang berlangsung 3 hari berturut-turut tanggal 27, 28, 29 Oktober 1945, ia tewas bersama dengan lebih dari 2000 pasukan inggris yang tewas saat itu.


Apa kata mereka tentang Hari Santri, berikut adalah hasil wawancara Reporter Umdah dengan beberapa santri di selah-selah kesibukan mereka...


Al Munadi  (Nisam)
``Bangga menjadi santri sebab kaum sarungan adalah benteng dari segala kerusakan moral yang terjadi pada generasi muda bangsa lainnya. selain itu santri juga bagian dari pada perjuanagn bangsa Indonesia dari tempoe doloe sampai sekarang``.

Mayskur (Sumbok)
``Santri harus benar benar menjadi pengrihlah ilmiah dan selalu memiliki semangat dalam menunut ilmu walaupun banyak kesusahan yang datang menyapa``.

Arifannur  (Pidie)
``Hari santri adalah hari yang istimewa buat santri, karena dengan adanya hari santri akan menjadi sebuah motivasi dalam belajar dan akan meyatukan seluruh Indonesia``.

Khairul Waled (Aceh Utara)
``Sebagai santri saya meresa bangsa, karena pada dasarnya sesuatu yang diperingati adalah sesuatu yang bernilai dan berharga maka dengan adanya hari santri yaitu 22 oktober adalah kebanggaan dan kepedulian negara kepada kita. mereak punya peran penting dalam kemajuan peradaban bangsa. layaknya pejuang dahulu``.

Khairuddin  (Langsa)
``Santri harus bangkit, bangkit baik dhahir dan batin. Jika sekarang kita kenal dengan Nahdatul Ulama maka perlu adanya Nahdatul santri sebagai pengaplikasian dari semangat para tentara Agama. selain itu santri juga harus siap dalam segala tantangan zaman yang kian meggoda untuk mengikutinya dalam keburukan yang ada didalamnya``.

Murthada (Panton Labu )
``Santri harus terus berkarya dan mereka juga harus mengenal jati dirinya sebagai santri``.

Purnanma Linge (Takengon)
``Menurut saya hari ini adalah hari yang spesial buat para tentara Islam, dikarenakan dengan adanya hari santri kita bisa hidup harmonis antar sesama dan juga menciptakan persatuan dalam bingkai santri``.

Yuswar (Pidie)
``Mesti dirayakan karena santri sudah menjadi bagian dari perjuanagn Indonesia selain itu kita juga harus mengingat apa tugas kita sebagai santri, yaitu sebagai pembela aswaja ya ditanah Indonesia tempat tujuannya``.

Nurdin Mukhtar (Bayeun)
``Mungkin ini adalah sebuah seromonial, namun hemat saya hari santri adalah setiap hari, yaa setiap hari bila santri itu layak disebut seorang santri. Bukan sebauh simbol saja, namun tidak menafikan baha ini adalah kado istimewa dari bangsa``.

Aulia Alwi (Langsa)
``Santri harus memberantas mereka yang bilang kita adalah kolot, gak ada santri kolot dan pasti mereka akan sukses dalam semua usaha meraka. takbirrr ...``.

Samsuddin Mahmud (Subulussalam)
``Ini adalah kado dari pemerintah, atas eksistensi santri dalam membangun bangsa dan kita patut mengsyukuri hal itu. selain itu santri harus bisa menggunakan ilmunya agar selalu bermanfaat dimasyarakat apalagi pada zaman ini``.

M. Jefri  (Buloh)
``Very Imfortent, because santri bisa menjadi contoh pada seluruh generasi muda kainnya dalam belajar agama dan pengamalannya.  ayooo santri, gak mondok gak keren`` .

Supriadin dan Salimudin (Subulussalam)
``Momentum special baut kita untuk PD dalam zaman yang kurang mendukung untuk kaum sarongan. PD karen pesan dan kiprah kita selalu dikenang sepanjang zaman``.

Itulah beberapa komentar santri tentang peringatan Hari Santri Nasional. Semoga dengan  diperingati nya Hari Santri Nasional ini bisa menjadi momentum bagi santri untuk tetap konsisiten menjaga keutuhan NKRI dan mengawal  pelaksanaan Syariat Islam.




Related

Santri 5480444985114643657

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item