umdah

Makna dari pada kalimat لا حول ولا قوة الا با لله العلي العظيم

Salam berjumpa kembali sobat pembaca setia MAJALAH UMDAH.... Insyallah kali ini kami ingin menguraikan selintas ilmu pengetahuan yan...



Salam berjumpa kembali sobat pembaca setia MAJALAH UMDAH....
Insyallah kali ini kami ingin menguraikan selintas ilmu pengetahuan yang kami anggap sangat bermanfaat, yang telah kami kutip dalam kitab kuning atau kitab gundul yakni kitab ianatuttalibin(fathul mu’in).

Pembahasan yang akan kami uraikan mengenai makna dari pada kalimat   لاحول ولاقوة الا باالله العلي العظيم
dengan ada pengkajian ini, semoga bermanfaat bagi kita semua!

Makna dari pada kalimat لا حول ولا قوة الا با لله العلي العظيم  
Jadi makna kalimat tayyibah tersebut di atas secara harfiyyah yaitu tiada daya dan tiada upaya melainkan dengan kudrah dan iradah sang khaliq ilahi rabbi,namun kalau di pelajari secara mendalam dan terperinci terdapat makna yang telah di tafsirkan oleh para alim ulama sangat jelas mengenai kalimat tayyibah tersebut.dalam kitab ianatuttalibin(fathul mu’in) jilid 4 halaman 240-241 jelas tertera makna kalimat tayyibah tersebut yaitu:
لا حول ولا قوة الا با الله العلي العظيم اي لا تحول عن معصية الله الا بعصمة الله ولا قوة علي طا عة الله الا بمعونة الله رفيع فوق خلقه و ليس فوقه شئ شأنه. 

Dari tafsir di atas dapat kita simpulkan 2 hal yang penting dari kalimat لا حول  dan لا قوة  , jadi makna dari pada لا حول adalah tiada daya terhadap kita berpaling dari maksiat bila allah tidak memberi kudrah nya untuk kita.dan makna kalimat لا قوة  adalah tiada upaya melakukan amalan kebaikan kecuali dengan taufiq dari allah swt.
kemudian kalimat tayyibah tersebut memiliki beberapa fadhilah di antaranya adalah :
a. dapat menghilangkan kefakiran bila di baca 100 x
b. dapat menyembuhkan 99 macam penyakit
c. dapat menghilangkan 99 kemudharatan hidup



Related

Tips 8643192333662654313

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item