umdah

Jika Cinta Berubah Menjadi Aksi | Cerpen

cinta dan ksih sayang
Umdah- Kulitnya kehitaman, wajahnya pun ngga karuan, usianya pun tak bisa lagi dibilang muda, waktu pertama kalinya masuk ke rumah perempuan itu, hampir saja ia percaya bahwa ia sedang berada di rumah hantu. Lelaki kaya dan tampan itu sejenak ragu. Sanggupkah ia menjalani keputusannya? Tapi ia segera kembali pada tekatnya. Ia sudah memutuskan untuk menikahi dan mencintai perempuan itu. Apapun resikonya.

Suatu saat perempuan itu berkata padanya, ''Ini emas-emasku yang sudah lama kutabung, pakailah ini untuk mencari perempuan idamanmu, aku hanya membutuhkan status bahwa aku pernah menikah dan menjadi seorang istri'', tapi lelaki itu malah menjawab, ''Aku sudah memutuskan untuk mencintaimu. Aku takkan menikah lagi". Semua orang terheran-heran.

Keluarga itu tetap utuh sepanjang hidup mereka. Bahkan mereka dikaruniai anak-anak dengan kecantikan dan ketampanan yang sangat luar biasa, bahkan kalau kita lihat orang tuanya tidak mungkin secara adat bisa medapatkan anak-anak dengan wajah secantik dan setampan itu.

Bertahun-tahun kemudian orang-orang menanyakan rahasia ini padanya. Lelaki itu menjawab enteng, ''Aku memutuskan untuk mencintai istriku. Aku berusaha melakukan yang terbaik untuk dirinya dan istriku pun melakukan semua kabaikan yang ia bisa lakukan untukku. Sampai aku bahkan tak pernah merasakan kulit hitam dan ketidakrupawan wajahnya dalam kesadaranku. Yang kurasakan adalah kenyamanan jiwa yang bisa melupakan aku pada fisik zahiriahnya.''

Begitulah cinta adanya, ketika ia terurai menjadi perbuatan. Ukuran integritas cinta adalah ketika ia bersemi dalam hati, terkembang dalam kata dan terurai dalam perbuatan.

Mmmmm..... kalau cinta sudah terurai jadi perbuatan, cinta itu sempurna seperti pohon, akarnya terhujam dalam hati, batangnya tegak dalam kata, buahnya menjumbai dalam perbuatan, persis seperti iman terpatri dalam hati, terucap dalam lisan, dibuktikan oleh amal. Semakin dalam kita merenungi makna cinta, semakin kita temukan fakta besar ini, bahwa cinta hanya kuat ketika ia datang dari pribadi yang kuat, bahwa integritas cinta hanya mungkin lahir dari pribadi yang juga punya integritas. Karena cinta adalah keinginan baik kepada orang yang kita cintai yang harus nampak setiap saat sepanjang kebersamaan.

Rahasia dari sebuah hubungan yang sukses bertahan dalam waktu lama adalah pembuktian cinta terus menerus. Yang dilakukan para pecinta sejati adalah memberikan kebaikan kepada kekasih halalnya tanpa henti. Hubungan bisa bertahan lama bukan karena perasaan cinta yg bersemi dalam hati saja, tetapi karena kebaikan tiada henti yang dilahirkan oleh perasaan cinta itu. Seperti lelaki dalam cerita itu, yang terus membahagiakan istrinya, begitu ia memutuskan untuk mencintainya. Dan istrinya yang terus menerus melahirkan kabajikan diri tanpa henti.(sekian)

Penulis: Tgk. Musannif
Editor: Al-Qurafi

Related

Remaja 7215255743972119141

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item