umdah

Tips Bersahabat

Sahabat dapat dimaklumi sebagai ikatan pertemanan yang sangat erat antar umat manusia.Tidak hanya dalam keadaan senang, saat susah pun sahabat ikut merasakannya.“Persahabatan bagai kepompong”, itulah petikan lirik lagu salah satu band indonesia. Bahkan Nabi Muhammad Saw mengumpamakan persahabatan bagaikan dua tangan yang saling membantu satu sama lain. Nabi Muhammad Saw menambahkan bahwa sahabat yang baik adalah sahabat yang memberi petunjuk kepada jalan yang lurus dan diridhai oleh Allah Swt.

 Tips Bersahabat

Dalam menjalin persahabatan diperlukan beberapa tips yang harus ditekuni agar persahabatan kita dapat bertahan lama dan tentunya diridhai oleh Allah Swt. Berikut tipsnya :
  1. Saling membantu sesama- Presahabatan membutuhkan pengertian antara kita dan sahabat,sehingga disaat sahabat kita membutuhkan bantuan berupa materi misalnya,kita dapat membantunya.Karena pepatah aceh mengatakan:
  2. Hargai pembicaraannya- Ketika sahabat kita berbicara kita harus menghargai apa yang dia katakan. Sebagai contoh, ketika sahabat mengajukan pertanyaan, kita harus menjawab dengan pertanyaannya dengan benar, rawut wajah yang senang, dan tersenyumlah! Sekalipun kita tidak faham dengan apa yang dia katakan.
  3.  Jaga Rahasianya- Sudah tentu dalam bersahabat, kita saling menceritakan uneg-uneg kepada sahabat, begitu juga sebaliknya. Bahkan apa yang diceritakan oleh sahabat kita adalah hal yang sangat rahasia. Kita sebagai sahabatnya jangan menceritakan rahasia tersebut kepada orang lain, sekalipun terhadap teman kita yang lain.
  4. Berikan sesuatu yang membuat sahabat senang- Nabi Muhammad Saw bersabda “Jika engkau mencintai temanmu, berikan sesuatu yang membuat dia senang”. Kita juga jangan memata-matai dia. Serta jangan bertanya yang berlebih-lebihan. Terkadang hal tersebut tidak mau diketahui oleh orang lain. Berikan dia pujian ketika dia berbuat baik dan mendapat prestasi.
  5. Panggil namanya dengan nama yang disukai- Terkadang masalah ini tidak terlalu menjadi perhatian. Memanggil nama sahabat kita dengan nama yang tidak disukai dapat menimbulkan sakit hati, sehingga berpengaruh pada adanya rasa dendam. Oleh karena itu, panggil lah dia dengan namanya sendiri. Jangan dengan nama ejekannya.
  6. Maafkan dia saat melakukan kesalahan- Manusia tak pernah lepas dari kesalahan. Begitu juga dalam persahabatan, ketika teman kita melakukan kesalahan, maafkan dia. Mungkin kesalahan yang dia lakukan tidak disengaja, dan kita jangan memarahinya dengan berlabihan. Cukup menasehatinya dengan cara yang lemah lembut dan baik-baik.
  7. Pertahankan persahabatan sampai akhir hayat- Ketika sahabat telah meninggal dunia, teruslah mengenang dia dengan tetap mempertahankan rasa persahabatan seperti waktu ia masih bersama kita.
  8. Jangan bebankan dia dengan keinginanmu- Dalam menjalin persahabatan kita jangan memanfaatkan kesempatan, dengan membebankan dia dengan segala keinginan kita dengan cara memintanya agar memenuhi keinginan kita di saat kita bosan. Karena hal ini dapat berpengaruh pada putusnya persahabatan.
  9. Ucapkan salam ketika berjumpa- Saat kita berjumpa dengan sahabat, kita harus mengucapkan salam kepadanya. Saat kita di sebuah majlis atau kelas, berikan teman kita tempat saat dia terlambat datang misalnya. Saidina Umar ra berkata “Ada tiga sifat yang harus dimiliki seseorang. Pertama,mengucapkan salam ketika bertemu sahabat. Kedua,berikan dia kelapangan tempat di suatu majelis. Ketiga,panggil sahabatmu dengan nama yang disukainya”.
  10. Berikan perhatian dengan baik saat dia berbicara- Ketika sedang terjadi pembicaraan antara kita dan sahabat,berikan dia kesempatan untuk mengutarakan pembicaraannya sampai selesai, kemudian baru kita menyanggah atau menanggapinya.
  11. Berikan rasa hormat padanya- Sekalipun kita menjalin persahabatan dengan teman sebaya, rasa hormat tetap harus diutamakan. Ketika sahabat bertamu ke rumah kita, jamulah dia dengan baik. Ini merupakan salah satu bentuk rasa hormat kepada teman sebaya

Oleh Muhammad Taj-As-Subki

Related

Tips 9045179473322283216

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item