umdah

Mau Kaya? | Tafakkur

Mau Kaya?

Umdah- Sesuatu yang paling dicari di dunia ini adalah kekayaan, semua orang rela mengorbankan apapun seperti usaha, tenaga, bahkan kadang-kadang reputasinya untuk mencari kekayaan. Banyak orang menyangka bahwa kekayaan itu bisa didapati dengan semua itu, terlebih lagi dengan tenaga. Padahal anggapan itu sangat lah bertentangan dan jauh dengan apa yang sudah diajarkan Rasul kepada umatnya.

Salah satu sifat yang sangat di anjurkan oleh tasauf untuk kita miliki adalah "Qana'ah". Qanaah artinya merasa cukup terhadap pemberian rezeki dari Allah swt. Qona’ah adalah rela dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, serta menghindari  rasa tidak puas dalam menerima pemberian dari Allah swt. Dengan sikap inilah maka jiwa akan menjadi tenteram dan terjauh dari sifat serakah atau tamak.

Lawan kata dari qanaah ini adalah tamak. Orang yang tamak selalu merasa kurang, walaupun dia sudah mendapatkan karunia dan rezeki dari Allah swt. Tamak identik dengan rakus, semuanya ingin dimiliki. Sudah mempunyai ini, ingin juga yang itu; sudah punya itu, masih ingin yang lain. Bahayanya apabila orang tamak tidak lagi memerhatikan yang halal maupun yang haram.

Rasul SAW. bersabda:

 ليس الغنى عن كثرة العرض و لكن الغنى غنى النفس 

Artinya: “Bukanlah kekayaan itu lantaran banyak harta, akan tetapi kekayaan itu adalah kekayaan jiwa.” (HR. Bukhari-Muslim)

Inilah gambaran tentang qanaah yang sangat dituntut oleh agama untuk dimiliki oleh setiap hati manusia, dengan qanaah jiwa kaya dengan sebenarnya kaya, dengan qanaah tak adalagi korupsi, pencurian, perampokan, penindasan, dan akan terciptanya kedamaian yang dicita-cita oleh semua insan. Wallahu 'alam !.

Related

tafakkur 5076583119358478280

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item