umdah

Gara-gara Pemakaman Sederhana, Pria Italia Masuk Islam

raja fadh


Umdah-Dari masa dahulu sampai sekarang ada hal menarik yang menjadi tradisi di Arab Saudi, Saat meninggal, raja-raja dan bangsawan Arab Saudi selalu dimakamkan dengan sangat kesederhanaan. Tidak ada upacara besar-besaran dan penghormatan besar-besaran atau iring-iringan ribuan para pelayat, mengantarkan ke makam.

Setelah di shalatkan di masjid, jenazahnya akan segera dimakamkan secara dengan sederhana tanpa ada batu nisan mewah bertuliskan namanya, dan pemakaman tersebut dilakukan  di sebuah pemakaman umum layaknya masyarakat biasa.
Sebelum Raja Abdullah yang juga baru meninggal Jumat dini hari 23 Januari 2014, Raja Fahd, yang meninggal pada 21 Agustus 2006 di Jeddah, Saat itu, Dia juga di makamkan secara sederhana di pemakaman umum Al-Qud di Riyadh, sehari setelah ia meninggal dan dihadiri oleh para pemimpin di seluruh dunia.

Menurut  ulama Arab Saudi, Abdullah Al-Malik kesederhanaan pemakaman Raja Fahd meninggalkan efek dramatis dan psikologis, bagi sebagian besar orang di mseluruh  dunia. Malik Melanjutkan, kesetaraan dan kesederhanaan dalam Islam inilah yang mungkin memberi dampak psikologis kepada seseorang non-muslim dan mendorongnya menjadi mualaf.
Malik menambahkan media Islam kedepannya harus fokus pada kisah yang berhubungan dengan toleransi dan kesetaraan dalam rangka menarik lebih banyak orang kepada Islam.

Proses pemakaman sederhana Raja Fahd yang disiarkan secara langsung ke seluruh jaringan televisi di dunia itu meninggalkan kesan yang dalam bagi seorang pria di Italia.
Menurut laporan harian berbahasa Arab Al-Riyadh, pria itu sangat terkesan dengan kesederhanaan proses pemakaman seorang raja yang seharusnya dilaksanakan secara megah dan mewah.

Seorang Pria Italia yang tidak disebutkan namanya itu memeluk Islam setelah melihat proses pemakaman Raja Fahd melalui televisi. "Saya telah membaca beberapa buku Islam dan mendengar banyak vcd Islam selama beberapa tahun terakhir, mereka tidak bisa menggoyahkan saya. Tapi pemakaman raja sederhana mengguncang saya dan saya berubah pikiran," ujar Malik mengutip kata-kata si pria berusia 62 tahun itu.

Dahulu pun, Saat pemakaman Raja Fahd, ada seorang rakyat biasa yang juga meninggal dan akan dimakamkan. Mereka akhirnya dimakamkan di pemakaman yang sama.(akha)

Related

Sejarah 2743852025763612854

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item