umdah

Reaksi Internasional Terhadap Serangan Israel ke Palestina

Masyarakat internasional terbagi kepada beberapa kelompok terkait serangan militer Israel di Gaza yang telah menewaskan sejumlah penduduk Palestina semenjak memasuki hari ketiga, dan pejuang Palestina menembakkan roket ke sejumlah kota di Israel.

Setidaknya 81 warga Palestina telah tewas dalam serangan udara sejak mereka mulai pada hari Selasa, dengan Israel menghadapi kecaman dari banyak negara Arab dan Muslim, dan panggilan untuk menahan diri dari beberapa sekutunya.

Ada juga beberapa pihak mengutuk serangan roket dari Gaza dan mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri.

Ini beberapa reaksi dunia terhadap serangan Israel
Amerika Serikat
"Tidak ada negara yang bisa berdiam diri sementara serangan roket dari organisasi teroris meluncur ke negara mereka dan berdampak pada warga sipil tak berdosa."
Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jen Psaki.
Liga arab
Sekretaris Liga Arab Jenderal Nabil al-Arabi menyerukan pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB untuk "mengambil langkah-langkah untuk menghentikan agresi Israel terhadap Jalur Gaza."
PBB
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan serangan roket dari Gaza yang "tidak bisa diterima", dan mendesak Israel untuk menahan diri sekuat tenaga.
"Saya mengutuk meningkatnya jumlah nyawa warga sipil yang hilang di Gaza," katanya.
Iran
"Negara-negara dan pendukung Zionis Barat harus mengadopsi sikap tegas untuk mencegah bencana kemanusiaan di Palestina," kata seorang juru bicara kementerian luar negeri Iran, ISNA negara yang berafiliasi dilaporkan.
Inggris
Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Perdana Menteri David Cameron mengatakan ia "sangat mengutuk serangan mengerikan yang dilakukan oleh Hamas terhadap warga sipil Israel ... dan menggarisbawahi hak Israel untuk mempertahankan diri dari mereka."
Skotlandia
Skotlandia, yang di Inggris namun memiliki parlemen sendiri terpisah untuk London House of Commons, meminta kedua belah pihak untuk " meningkat" situasi dan menawarkan untuk membantu mengobati warga sipil terluka dalam konflik.

"Skotlandia siap untuk menawarkan bantuan apapun yang kita bisa dan dalam semangat bahwa kita menawarkan proyek ini, untuk memberikan bantuan kesehatan spesialis untuk warga sipil yang terperangkap dalam konflik," kata Menteri Luar Negeri Humza Yousaf.
Venezuela
"Pemerintah Venezuela mengutuk keras respon militer yang tidak adil dan tidak proporsional oleh negara ilegal Israel terhadap pahlawan rakyat Palestina " kata Presiden Nicolas Maduro.
Jerman
"Penembakan roket dari Jalur Gaza telah menyebabkan situasi yang mengancam untuk menyebabkan kekerasan dan kontra-kekerasan ... Saya berharap bahwa semua pihak akan setuju bahwa konfrontasi militer, yang bisa lepas kendali, harus dihindari, "kata sebuah pernyataan oleh Kantor Luar Negeri Jerman.
Mesir
Kementerian Luar Negeri negara itu mengatakan "Mesir mengutuk permusuhan ini, yang menyebabkan pembunuhan dan cedera puluhan warga Palestina," dan menyerukan Israel untuk menghentikan "semua hukuman kolektif."
Irlandia
"Saya mengutuk tanpa syarat penembakan sembarangan roket ke Israel yang menimbulkan suatu ancaman besar terhadap penduduk. Saya sama-sama mengutuk korban sipil, termasuk perempuan dan anak-anak, akibat serangan udara Israel terhadap Gaza" kata Menteri Luar Negeri Eamon Gilmore
Indonesia
“Indonesia mengecam aksi militer Israel di Gaza, suatu tindakan yang telah menimbulkan banyak korban sipil yang tidak berdosa di kalangan Palestina dan menciptakan hambatan baru bagi kondisi yang kondusif terhadap proses perdamaian Palestina-Israel," ungkap Menter Luar Negeri Indoensia, Marty Natalegawa.

Related

News 3101052622456039079

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item