umdah

Untuk Apa Anda Menulis ?

Untuk apa Anda menulis ? Itulah pertanyaan yang layak ditanyakan oleh seorang penulis kepada dirinya sendiri. Jawabannya tentu saja juga orang yang bersangkutan yang harus menjawabnya, bukan orang lain.

Niat seseorang menulis itu tidak sama, ada yang menulis karena ingin mendapatkan uang, ada yang menulis karena ingin terkenal, ada yang menulis untuk menyebarkan ilmu yang dimilikinya, dan ada juga yang menulis karena iseng semata tanpa maksud apa-apa. Kesemuanya itu merupakan hal yang lazim didapatkan di dalam kehidupan ini. Terserah bagaimana dan karena apa seseorang itu menulis, yang jelas tidak boleh tidak bagi mereka untuk mempunyai tujuan yang spesifik. Kenapa ?

Seseorang yang tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam menulis akan sulit memanjat ke anak tangga yang lebih tinggi. Coba Anda bayangkan bila seseorang tidak mempunyai tujuan tertentu dalam sebuah perjalanan, bukankah dia tidak akan sampai kemanapun. Dia akan terus dalam perjalanan. Namun sangat berbeda halnya bila seseorang itu mempunyai tujuan untuk setiap langkahnya,walau tujuannya itu dekat, yang pasti langkahnya tidak akan sia-sia, satu inci dia bergerak, maka satu inci pula dia mendekatkan dirinya ke arah tujuannya. Begitu pula halnya dalam menulis. Jika seseorang mempunyai tujuan yang jelas, dia akan terus bisa belajar bagaimana caranya untuk lebih baik dari hari ke hari. Misalnya, tujuan seseorang menulis adalah untuk mendapatkan uang di media, maka setiap hari yang harus dilakukannya adalah mengasah kemampuannya dalam hal menulis berita dan opini yang berbobot. Sangat mustahil dia bisa berhasil bila saban hari dia hanya belajar menulis novel, karena ini bertolak belakang dengan targetnya. Atau seseorang bercita-cita menjadi terkenal dengan tulisannya, maka hal yang harus dilakukan orang itu adalah belajar menulis novel, buku atau skenario film, karena biasanya hal itu lebih cepat melambungkan nama seseorang. Bukan dengan belajar membuat puisi atau belajar menulis berita.

Maka dari itu bisa Anda bayangkan sendiri apa yang akan terjadi bila seorang penulis tidak punya tujuan yang pasti dalam menulis, bukankah sangat sulit menjadi penulis hebat. Jadi mulai sekarang tulislah tujuan Anda.

Saran kami adalah buatlah tujuan menulis Anda yang kira-kira sesuai dengan bakat Anda. Tidak semua orang bisa menulis novel, juga tidak semua orang bisa menulis essay atau opini. Semua manusia pasti punya kelebihan.

لكل شئ مزية

"Setiap sesuatu pasti mempunyai kelebihan/keistimewaan "

Kenalilah tulisan bidang apa yang paling Anda sukai. Menulis yang kita sukai lebih cepat berkembang daripada memaksakan diri untuk menulis yang disukai orang lain. 




Related

Tips 6180613190844753734

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item