umdah

Muslim Rusia rebut kembali masjid bangsa Tatars

MOSKOW – Setelah diperdebatkan selama bertahun-tahun, akhirnya Muslim Rusia merebut kembali Mesjid Khan yang berasal dari abad ke-15 di ko...

MOSKOW – Setelah diperdebatkan selama bertahun-tahun, akhirnya Muslim Rusia merebut kembali Mesjid Khan yang berasal dari abad ke-15 di kota Kasimov, Moscow Timur, yang disebut-sebut sebagai masjid tertua di wilayah tengah Rusia. Bersama dengan masjid tersebut, Direkorat Spiritual Muslim Rusia juga mengumumkan bahwa mereka telah merebut kembali makan Shakh Ali Khan dan Sultan Muhammad Avgan di lokasi yang sama.

Sebelum diserahkan kembali ke warga Muslim, Masjid Khan telah dikuasai oleh museum setempat selama berabad-abad. Di bawah penguasaan museum, para warga Muslim dilarang melaksanaan ibadah shalat sejak dulu dibuka sebagai museum umum di tahun 30-an.

Dibangun oleh bangsa Tatars di abad ke-15 masehi, masjid yang terletak di wilayah Ryazan ini merupakan masjid tertua kedua di Rusia setelah Masjid Dzhuma yang dibangun pada abad ke-13 dan berlokasi di kota Derbent, Republik Dagestan.

Masjid Khan di wiliyah Kasimov, Moskow.
Masjid Khan berasal dari zaman Kerajaan Qasim yang berkuasa di abad ke-15 dan 16 masehi.

Pada tahun 1702, bangunan utama masjid dirobohkan atas instruksi dari Peter Agung, untungnya menara masjid masih berdiri hingga hari ini.

Sekitar tahun 1768, untuk menggantikan bangunan lama yang telah dirobohkan didirikan sebuah bangunan baru di samping menara yang terbuat dari batu tersebut.

Di abad ke-19, sebuah lantai tambahan dibangun dalam masjid oleh bangsawan Tatars pada tahun 1835.

Islam merupakan agama dengan penganut terbanyak kedua di Rusia setelah Russian Orthodoxy. Ada sekitar 23 juta Muslim di Rusia yang berpusat di utara gunung Kaukasus yang hanya berupa 15 persen dari total 145 juta populasi negara tersebut.

Berdasarkan info dari Russia Today, para ahli mengatakan bahwa pada tahun 2050, warga Muslim Rusia akan berjumlah setengah dari populasi total yang menjadikan Rusia sebagai salah satu negara dengan penganut agama Islam terbesar.

Related

Sejarah 9050374901532446464

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item