umdah

Tafakkur | Lapar Dan Dahaga

Tafakkur | Lapar Dan Dahaga- Hari demi hari manusia menguras keringat, bekerja mengejar waktu yang terus berputar, dengan harapan mendapatkan sesuap nasi untuk dimakan atau seteguk air untuk diminum. Makanan dan minuman memang sangat penting bagi manusia, namun akan sangat berbahaya jika keduanya dikonsumsi tanpa kontrol yang sesuai dengan aturan Agama.
Lapar Dan Dahaga

Perut dan syahwat merupakan dua penyebab malapetaka Dunia. Kenyangnya perut dapat membangkitkan Keinginan (Syahwat) yang berlebihan, intinya, perut adalah penyebab dari semua kerusakan itu, karna itu, puasa yang disyariatkan kepada Ummat Islam dapat meredam kekacauan Dunia yang bersumber dari syahwat dan perut.

Puasa juga mampu mengajak seseorang untuk merenungkan kepedihan para saudaranya yang merasakan kelaparan setiap hari, yang berharap mendapatkan makan setiap hari, namun harapannya sia-sia, yang menderaikan Air mata untuk mengais sesuap nasi, para saudara yang selalu mengucapkan:
"Engkot di La’ot na lon dingo gaih
Punyouk lon patah bak lon lhab sira".
Pada prinsibnya puasa mengingatkan si kenyang akan kelaparan dan kedahagaan, si kaya akan kemiskinan yang wajib dibantu dan dilindungi. Ibadah puasa juga melatih kepekaan sosial terhadap berbagai persoalan yang muncul di sekeliling kita. Berawal dari ikut merasakan lapar dan dahaga yang mengetuk hati kita untuk mengerti penderitaan yang selalu dialami oleh saudara kita yang miskin. Hal ini membawa kita untuk hidup tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Maka, langkah ruginya manusia yang meniggalkan perintah Allah yang mulia ini, alangkah mengherankan manusia yang tidak rela sedikit berkorban untuk mendapatkan sejuta keberuntungan. Alangkah beruntungnya bagi manusia yang melakukan puasa wajib dan sunat. Allah menjanjikan pahala yang tak terhingga, semoga kita termasuk ke dalam golongan shalihin dan Muttaqin, Amin....!

Baca juga artikel Umdah tentang tafakkur yang lain, agar hati kita semakin lembut dan baik.

Related

tashauf 2853015760419834370

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item