umdah

MUDI Berikan Satu Juta Rupiah Untuk Santri Yang Menghafal Alfiyah

Bireun- Dalam rangka menyukseskan acara perlombaan Muharram 1435 H dan memompa semangat belajar santri, MUDI Mesjid Raya Samalanga memberikan hadiah satu juta rupiah untuk setiap santrinya yang sanggup menghafal bait alfiyah sampai tamat (1002 bait). Sampai saat berita ini ditulis sudah ada 5 orang santri yang mendaftar. Rencananya mereka akan diuji pada malam terakhir acara perlombaan Muharram, yaitu kamis 14 september 2013. Ini merupakan kejadian pertama kali dilakukan semenjak MUDI Mesjid Raya didirikan. Sebelumnya tidak pernah ada hal semacam ini, yang ada hanya perlombaan hafal bait beserta syarahannya sebanyak 200 bait atau 300 bait dan mendapatkan hadiah satu kain sarung bagi yang berhasil.

Menurut Tgk. Muammar Abdullah, hal ini diputuskan setelah melalui musyawarah dan persetujuan semua pihak terkait di MUDI. "Ini kan demi kepentingan MUDI juga, setelah musyawarah dan melihat semua sisi akhirnya ini dibolehkan, bahkan mendapatkan respon luar biasa dari unsur pimpinan, karena mengingat selama ini minat dan semangat santri menghafal semakin berkurang. Jadi mereka perlu sedikit motivasi dan dukungan, memberikan hadiah adalah langkah yang tepat dalam hal ini", kata Tgk. Muammar kepada Umdah.

Bait alfiyah merupakan bait nahu yang berjumlah 1002 bait. Bait ini termasuk ilmu tingkat tinggi pelajaran Nahu dan Sharaf.
Untuk menghafal kitab ini bukan pekerjaan yang mudah, di samping karena banyak juga karena isi dan matannya sangat rumit. Berbeda dengan bait yang lain, walalupun ada juga yang seribu bait tapi matan dan isinya tidak se rumit alfiyah. Bait alfiyah juga rutin diperlombakan di tingkat nasional setiap tahun.

Related

Santri 4510482244239130116

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item