umdah

Cara Menulis di Internet dengan Mudah

Menulis di Internet dengan Mudah
Cara Menulis di Internet dengan Mudah- Sudah saatnya santri menulis. Selama ini santri sering kena sorotan karena jarang menulis dan lebih terpaku menyebarkan ilmu dengan lisan saja, sedangkan dengan tulisan walaupun ada tapi masih sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah santri yang ada di seluruh Indonesia umumnya dan aceh khususnya. Maka dari itu sudah saatnya santri memulai hidup baru dengan mematahkan segala kritikan dan memuaskan segala asa mereka yang sudah lama menunggu kreasi santri-santri kreatif. Salah satu cara yang tepat adalah dengan menulis di internet. Kenapa, karena biayanya murah dan cenderung gratis. Beda dengan menulis buku, disamping biayanya mahal untuk percetakan juga ada kemungkinan rugi apabila tidak adanya peminat yang mau membeli, dan juga daya jangkauannya tidak seluas dengan menulis di internet.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menulis di internet, dan kesemuanya itu sangat menyenangkan.

1. Membuat blog/website

Kenapa membuat blog atau website menjadi pilihan utama, karena ini tidak membutuhkan banyak biaya dan juga bisa kita menej sesuka hati kita. Dengan membuat blog kita bisa menulis kapan saja dan pasti dimuat, hehhehe. Karena punya kita sendiri, siapa yang melarang ? ya kan …!

Namun, walaupun cara ini cenderung mudah dilakukan tapi konsekwensinya tetap ada, yaitu minimnya orang baca jika blog kita itu tidak dikelola dengan baik dan tidak menggunakan metode yang sesuai.

Blog yang dikelola dengan baik adalah blog yang artikelnya selalu terupdate, artinya setiap hari minimalnya ada satu artikel yang dishare. Blog yang baik juga harus bertanggung jawab bila ada komen dari visitor blog kita yang bertanya segala hal yang tidak jelas dengan artikel yang kita buat. Sedangkan maksud dari blog yang menggunakan metode yang sesuai adalah blog yang mempunyai standar SEO (Search Engine Optimization) yang baik sehingga pengunjung blog kita akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya artikel kita. Bila hal ini diabaikan takutnya nanti pengunjung blog kita hanya kita seorang dan beberapa teman dekat yang kita undang, hehhehe. Memang tidak mengapa jika pengunjung blog kita sedikit tapi ini akan menurunkan motivasi kita menulis.

Tidak ada motivasi terlebih besar menulis di blog dari mendapatkan ujrah, ya kita bisa kaya mendadak jika peruntungan dan rezeki kita bagus, yaitu dengan mendaftarkan blog kita itu ke adsense yang ada di seluruh dunia. Yang telah berhasil dalam hal ini tidak terhitung banyaknya, siapa tahu selanjutnya adalah kita, amin.

Untuk membuat blog atau website sendiri anda dapat berkunjung ke alamat ini. Kalau anda tekun, anda bisa jadi mastah dengan blog ini. Selamat mencoba

2. Menjadi tamu di website terkenal

Hal ini sangat baik dilakukan apabila kita malas membuat website sendiri. Disamping tidak susah mengejar pengunjung juga ada kemungkinan kita bisa mendapatkan honor yang lumayan. Website yang mau menerima tulisan kita sangat banyak, salah satunya adalah triond.com, payperpost.com, voa-islam.com, eramuslim.com dan ribuan website lainnya yang bisa anda cari sendiri di internet.

3. Menulis di website jejaring social

Website jejaring sosial sekarang ini sudah sangat banyak, namun yang paling terkenal adalah facebook.com, twitter.com, pinterest.com, google+1 maupun linkedin.com, di indonesia ada kaskus.co.id. Menulis disini selamanya gratis dan kesempatan tulisan anda dibaca oleh jutaan orang terbuka lebar. Mungkin anda sendiri pun tidak asing lagi dengan hal ini, tapi tidak ada salahnya juga kami mengingatkan.

4. Menulis di surat kabar

Menulis di surat kabar ini pasti dibayar dan tulisan kita tidak hanya diupload ke website resmi mereka tapi juga bisa dicetak dan disebarkan ke seluruh pelosok nusantara. Bukankah sangat menggiurkan ?
Di antara surat kabar yang menerima tulisan anda bisa lihat di sini

Itulah Cara Menulis di Internet dengan Mudah, semoga ini bermanfaat dan bisa memotivasi anda untuk menulis.





Related

Tips 6528053744869433342

Posting Komentar Default Comments

  1. mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, ,, jgn lupa kunbal nya di anprat.blogspot.com

    BalasHapus

emo-but-icon

populer

Arsip

Feature post

Ngaji Kitab Fathul Mu'in Edisi 02

بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف ونفعنا بعلومه وبعلومكم آمين 📚 Edisi 2 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.  (ص)، وفرضت لي...

A
item